Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Mongolato Keluhkan Air PDAM Kotor

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 21 Januari 2017 | 14:00 Tag:
  

TELAGA, Hargo.co.id – Para pelanggan PDAM Kabupaten Gorontalo (Kabgor) khususnya yang berada di Desa Mongolato, Kecamatan Telaga, sangat mengeluhkan kualitas air yang selama ini mereka pakai.

Pasalnya, air yang berasal dari saluran PDAM yang setiap bulannya dibayar ini kondisinya sangat jauh dari kata bersih. Airnya keruh bahkan jika keran air diputar kencang air tersebut akan berubah coklat.

Oyi (26), salah satu pelanggan mengatakan, kondisi air PDAM yang tidak layak digunakan ini sudah berlangsung sejak 2010.

“Kalo mo kase kancang so sama deng pece, orang-orang di rumah so jaga gatal-gatal, kalo untuk minum dan cuci pakaian kami harus beli air gelon,” keluh Oyi.

Oyi menambahkan, dirinya sudah berulang kali melaporkan hal ini ke pihak PDAM Kabgor namun hingga kini belum ada tindakan.

“So lalah mulu ini jaga ba lapor tiap kali mo ba bayar, tapi sampe skarang air tetap kotor,” tambah warga Mongolato ini.

Adi (32), Pelanggan lain yang juga masih satu Desa dengan Oyi pun menyampaikan hal senada. Bahkan dirinya pun sudah akan berencana memutuskan hubungan dengan PDAM.

“Orang-orang lain banyak yang sudah beralih ke sumur bor, dari pada tiap bulan jaga bayar tapi air tidak bisa dipakai,” ujar Adi.

Direktur PDAM Kabupaten Gorontalo, Raden Sahi saat dikonfirmasi mengatakan, kondisi air yang sering dikeluhkan para pelanggan PDAM ini merupakan akibat dari bocornya saluran pipa saat dilakukannya penyambungan pipa sehingga kotoran-kotoran pun masuk dan mengendap di dalam pipa.

“Kami sudah beberapa kali melakukan penanganan dengan menambahkan alat pembuangan pada pipa untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang mengendap,” jelas Raden.

Selanjutnya, menurut Raden, untuk wilayah Mongolato rupanya perlu ditambah lagi alat pembuangan karena sebagian besar para pelanggan di wilayah itu berada tepat diujung saluran pipa.

“Hal ini memang rawan terjadi pada pelanggan yang lokasinya di ujung pipa, untuk itu secepatnya kami akan menambahkan lagi alat pembuangan pada pipa-pipa di wilayah ini,” pungkas Raden.(tr-55/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar