Kamis, 24 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga pada Empat Dusun di Olele Mulai Kekurangan Stok Makanan

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 4 Agustus 2020 | 10:05 WITA Tag: ,
  Kepala Desa Olele (baju kuning) saat mendampingi Camat dan Kapolsek Kabila Bone meninjau lokasi longsor di Desa Olele, Senin (03/08/2020). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bencana alam tanah longsor yang terjadi wilayah Bone Pesisir menyebabkan akses jalan di Jalur Selatan Gorontalo – Sulut terputus, . Bahkan itu juga terjadi di Jalan Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan pada Senin (03/08/2020), peristiwa tanah longsor itu terjadi di 2 titik dan menutup seluruh badan jalan desa. Sehingga menyebabkan akses keluar masuk di 4 dusun yang ada didalamnya terputus total.

Kepala Desa Olele Candra Nauko menjelaskan, longsor yang terjadi di 2 titik itu, menyebabkan warga yang ada di 4 dusun terisolir. Bahkan warga sudah mulai kekurangan stok makanan.

BACA  Minta Darem Ditahan, Ratusan Massa Gelar Demo di PN Gorontalo

“Di wilayah ini ada 4 dusun yang mana warganya terdiri dari 1.030 jiwa dengan 304 Kepala Keluarga. Mereka terisolir karena satu satunya akses keluar masuk perkampungan ini terputus oleh tanah longsor yang terjadi di 2 titik, bahkan sekarang ini warga mengaku mulai kekurangan stok makanan,” jelas Candra Nauko.

Kepala Desa Olele juga mengungkapkan, dimana sebahagian besar warga di 4 Dusun ini berprofesi sebagai nelayan, yang hanya bisa memenuhi kebutuhannya setiap hari, dan untuk kebutuhan besoknya mereka harus kembali bekerja.

BACA  Anak Dibunuh Orang Tua karena Susah Belajar Online, KPAI Berduka

“Jadi warga di sini sebahagian besar adalah nelayan, apa yang mereka dapat hari ini, maka hari ini juga habis. Untuk pergi melaut mereka membutuhkan bahan bakar minyak (bbm) sementara stoknya habis, kalaupun mau pergi membelinya lewat jalur darat, jalan masih tertutup longsor,” ungkap Candra Nauko.

Pantauan wartawan hargo.co.id fi lapangan, hingga pukul 18.00 Wita, warga setempat bergotong royong berusaha membersihkan material longsor dengan alat seadanya. Agar minimal jalur tersebut dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 untuk sementara, sambil menunggu alat berat tiba.

BACA  Sesosok Mayat Pria Ditemukan di Perkebunan di Boalemo

Hingga berita ini diturunkan, material longsor di Jalan Desa Olele masih tertutup material longsor. Sementara itu alat berat yang dikerahkan oleh pihak BPJN Gorontalo masih sementara beroperasi di titik longsor yang ada di Desa Oluhuta, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. (zul/hg)


Komentar