Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Temukan Peninggalan Purbakala di Paguat

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Kamis, 22 September 2016 | 12:22 PM Tag: , , ,
  

Hargo.co.id MARISA – Kecamatan Paguat saat ini digemparkan dengan dugaan adanya peninggalan purbakala yang terletak di Desa Bumbulan.
Dari informasi yang berhasil dirangkum Gorontalo Post, awalnya masyarakat hendak menggali sumur. Namun tiba-tiba ada sebuah lubang yang berbentuk terowongan. Meski demikian, sampai dengan saat ini belum diketahui pasti apakah itu adalah peninggalan purbakala atau seperti apa.

Kepala Kesbangpol, Wadi Gobel ketika diwawancarai menyatakan, masyarakat yang hendak melakukan penggalian sumur mendapatkan ada sebuah terowongan. Oleh karena itu, hal ini masih sementara digali terus oleh masyarakat. “Belum bisa dipastikan. Namun saat ini masih sementara dicari tahu oleh masyarakat dan kami pun turut memantaunya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi (Dishubparkominfo), Yunus Mohamad menyatakan, pihaknya belum tahu menahu terkait dengan hal tersebut. Memang kata Yunus Mohamad, pihaknya sudah mendapatkan informasi. Namun informasi tersebut belum bisa dipastikan apakah itu peninggalan purbakala atau seperti apa.
“Nanti kami akan lihat apakah itu peninggalan purbakala atau hanya lubang biasa,” terangnya.

Disisi lain, Rahmad R. Pakaya warga Kecamatan Paguat menyatakan, Kecamatan Paguat memang merupakan salah satu lokasi yang pernah ditinggali oleh para raja. Jadi tidak menutup kemungkinan itu adalah peninggalan sejarah. “Memang masih perlu dipastikan terlebih dahulu. Yah, kami sich berharap jika itu adalah peninggalan sejarah, maka kiranya dikelola dengan baik,” pungkasnya. (kif/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar