Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada! Arus Pendek Penyebab Utama Kebakaran

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Jumat, 17 November 2017 | 08:01 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id Gorontalo – Kebakaran yang akhir-akhir terjadi, ternyata paling banyak disebabkan oleh arus pendek. Hal ini pun diakui oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), yang menyatakan 95 persen kebakaran disebabkan oleh arus pendek.

“95 persen penyebab kebakaran rumah di Kabupaten Gorontalo karena Korsleting Listrik.” ungkap Kepala Unit Pemadam Kebakaran, BPBD Kabupaten Gorontalo, Farid Taha.

Hal ini tentu riskan, dikarenakan Kabupaten Gorontalo yang dipadati pemukiman penduduk harus ekstra waspada dalam penggunaan Listrik sesuai Daya Kontrak. Pasalnya, per tanggal 16 November 2011 sudah ada 33 Rumah yang dilanda kebakaran. Fenomena ini terjadi dinilai karena masyarakat banyak yang belum memahami teknis kelistrikan di Rumahnya.

Banyak yang masih apatis dengan hal tersebut, padahal sudah ada sosialisasi-sosialisasi mengenai teknis penggunaan listrik di Rumah, untuk menghindari Korsleting yang bisa berakibat terbakarnya Rumah.

Manager PT. PLN Limboto, Kabupaten Gorontalo Yombi Pagilalu mengatakan bahwa sebenarnya di semua rumah sudah dipsang proteksi untuk menangkal jika hal tseperti korsleting terjadi.

“Namun masyarakat masih banyak yang acu dengan penggunaan listrik,” kata Yombi. Dia menghimbau agar masyarakat dapat menggunakan listrik sesuai daya Kontrak yang ada. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkn, seperti kebakaran. (Tr-58)

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar