Kamis, 4 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada Banjir, Warga Diminta Jaga Kelestarian Hutan

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Kamis, 28 Januari 2021 | 02:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi banjir. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Kerusakan hutan di wilayah hulu sungai masih menjadi salah satu dari sekian banyak faktor penyebab terjadinya bencana alam di beberapa wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Gorontalo.

Berbagai kegiatan deforestasi (penggundulan hutan) di daerah tangkapan air disinyalir menjadi penyebab banjir mudah terjadi. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, kesadaran terhadap pentingnya menjaga kelestarian alam ini juga diperlukan kesadaran masyarakat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebut, penanggulangan bencana alam tidak bisa hanya dilakukan oleh BPBD saja. Perlu koordinasi lintas instansi untuk meminimalkan dampak ancaman bencana banjir dan tanah longsor.

BACA  Bupati Gorontalo Serahkan Dokumen LKPJ 2020

Guna mengantisipasi bencana alam tersebut, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Haris Suparto Tome, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, alam dan hutan dengan tidak menebang pohon secara sembarangan.

“Sebagaimana penyampaian pak bupati, masyarakat diminta untuk menjaga kelestarian hidup di lingkungan sekitarnya, Tidak menggunduli hutan, tidak menebang pohon sembarangan, terutama pohon pohon yang menjadi penahan air di tepian sungai,” kata Haris Suparto Tome, Rabu (27/01/2021).

BACA  Nelson-Hendra: Terima Kasih Telah Berkompetisi dengan Sehat

Nelson Pomalingo juga mengingatkan masyarakat tentang tentang pentingnya pohon sebagai penahan erosi yang terjadi akibat derasnya air yang mengikis tepian sungai. Ia meminta masyarakat untuk menanam dan merawat pohon yang di daerah aliran sungai.

“Masyarakat juga diimbau untuk lebih intens, lebih rajin menanam pohon untuk menahan laju erosi sungai,” ujar kata Haris Suparto Tome.

BACA  322 Calon Kades di Kabgor Ikuti Sosialisasi Hak dan Kewajiban

Terakhir, lanjut dia, masyarakat juga di minta untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat intensitas curah hujan yang sering terjadi akhir akhir ini berpotensi dapat menyebabkan terjadinya bencana alam, baik banjir maupun tanah longsor.

“Sesuai imbauan beliau, Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan seperti sekarang ini, mengingat tingkat kerawanan bencana yang mungkin akan terjadi, baik banjir maupun tanah longsor,” kuncinya. (hiu/adv/hg)


Komentar