Selasa, 26 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada!, Ini Modus Calo Rapid Test

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 21 Desember 2020 | 03:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi. Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 3 orang calo rapid test di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. (dok JawaPos.com)


Hargo.co.id, JAKARTA – Tiga orang calo rapid test di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta ditangkap Polres Metro Jakarta Pusat. Hal tersebut berawal dari laporan masyarakat yang mengatakan bahwa ada calo yang menjual jasa rapid test.

“Karena adanya kegelisahan dari warga atas aksi si calo ini, lalu pihak stasiun lapor ke kami. Jadi kami tadi malam (19/12) lakukan penyelidikan dan tangkap 3 calo,” jelas Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto di Polres Metro Jakarta Pusat, Minggu (20/12).

BACA  KNKT Sebut Data FDR Sriwijaya Air SJ182 Sudah Diunduh

Adapun, para calon ini memanfaatkan keramaian yang ada di stasiun untuk menggunakan jasanya. Setelahnya, mereka akan membawa konsumennya menuju tempat rapid test di luar stasiun.

“Jadi calo-calo manfaatkan situasi, tawarkan diri dan jasa untuk lakukan rapid di tempat lain,” terang dia.

Untuk modus yang dilakukan, Heru menerangkan bahwa awalnya calo menawarkan jasanya apabila melihat adanya antrian rapid test yang panjang di stasiun.

“Modus operandi, dia tawarkan diri karena di situ (rapid test stasiun) mungkin antri, jadi tawarkan jasa tempatnya. Tarif antar Rp 50 ribu, lalu untuk rapid test Rp 95 ribu, dan biaya gojek Rp 45 ribu,” ucap dia.

BACA  Menteri Tjahjo Terbitkan SE Baru soal Penegakan Disiplin PNS, Mohon Dibaca

Ia melanjutkan, para calo ini telah melakukan kegiatan ilegalnya sejak awal pemerintah mewajibkan rapid test sebagai syarat bepergian. Ketidaksabaran calon penumpang juga dimanfaatkan oleh para calo.

“Sejak diwajibkan rapid itu mereka cari celah, ada yang antri tidak sabar, jadi nawarkan diri ke tempat bisa rapid,” tambahnya.

BACA  Posting Foto Hoaks Sriwijaya Air, Ngabalin Minta Maaf

Saat ini, pihaknya pun masih mendalami klinik mana yang menjadi lokasi para calo menjajakan rapid test tersebut. “Masih kami dalami lagi, belum bisa kami ekspose karena nanti bubar. Kami dapatkan dulu calonya,” pungkasnya.(dr/sz/jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Ini Modus Calo Rapid Test yang Ditangkap di Stasiun Senen“. Pada edisi Ahad, 20 Desember 2020.

Komentar