Minggu, 13 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada! Sejumlah Provinsi Termasuk Gorontalo Wajib Simak Peringatan Cuaca dari BMKG

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 27 Mei 2021 | 12:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi Hujan Lebat. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan terdapat potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada beberapa daerah di Indonesia seperti di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi pada hari ini.

Seperti dilansir dari JPNN.com, Menurut keterangan dari situs BMKG yang dikutip dari Jakarta, Kamis, sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat dan di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku, Papua Barat dan Papua.

BACA  3 Tersangka Pengibaran Bendera RMS, Terancam Penjara Seumur Hidup

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung, Bengkulu hingga Sumatera Barat, di NTT bagian timur, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di Kalimantan Selatan.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau memanjang di pesisir barat Sumatera Utara, Selat Malaka dan di perairan utara Papua.

BACA  Peringatan Dini BMKG: Ini Daftar Daerah yang Berpotensi Banjir Bandang

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvegensi dan konfluensi.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Selain itu wilayah Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan juga berpotensi mengalami hujan.

BACA  Pengamat Politik Sebut Ada 3 Kelompok Akan Bertarung di Pilpres 2024

Terdapat beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada risiko banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Papua Barat. (antara/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Waspada! Sejumlah Provinsi ini Wajib Simak Peringatan Cuaca dari BMKG“. Pada edisi Kamis, 27 Mei 2021.

Komentar