Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada..Stres Bisa Membahayakan Kesehatan Jantung

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Kamis, 23 Februari 2017 | 09:19 Tag: , ,
  

Hargo.co.id– Para ilmuwan menemukan penjelasan biologis hubungan antara stres dan penyakit jantung. Orang dengan amigdala yang sangat aktif, yakni suatu daerah otak yang terlibat dalam pengolahan stres, ternyata juga memiliki risiko lebih tinggi dari penyakit jantung dan stroke.

Sebuah amigdala yang bekerja keras juga terkait dengan peningkatan aktivitas sumsum tulang belakang dan radang arteri, yang bisa menjelaskan tingginya penyakit jantung dan stroke risiko.

Data menunjukkan bahwa stres amigdala bisa mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel-sel darah putih ekstra, yang pada gilirannya menyebabkan arteri menyempit dan menjadi meradang.

Hal ini bisa mengakibatkan masalah kardiovaskular.

“Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa mengurangi stres bisa menghasilkan manfaat yang luar biasa,” kata pemimpin penulis, Ahmed Tawakol, seperti dilansir laman MSN, Senin (20/2).

Diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, peneliti melakukan PET dan CT scan otak, sumsum tulang belakang, limpa serta peradangan arteri dari 293 pasien.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar