Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada! Wawali Budi Doku Jadi Korban Penipuan Lewat Facebook

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 10 April 2017 | 11:43 Tag: , , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Para pengguna dunia maya sepertinya harus lebih waspada, para peretas akun media sosial (Medsos) bisa kapan saja memanfaatkan akun seseorang untuk penipuan. Seperti facebook, akun facebook sangat rentan diretas, apalagi akun dengan jumlah pengikut paling banyak.

Bahkan salah satu akun yang diretas adalah milik Wakil Walikota Gorontalo @budi doku. Akun facebook ini dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan, calon korbanya adalah orang-orang yang bersahabat dengan Budi Doku di facebook.

Salah satu calon korbanya adalah Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Ulul Azmi Kadji. Pada sabtu (8/4) malam, ia mendapati short massanger dari akun @budi doku. Awalnya ia percaya jika ia sedang bercakap dengan Wakil Walikota Budi Doku, apalagi pada awal percakapan tidak ada gelegat mencurigakan.

Peretas yang menggunakan akun @budi doku terlebih dahulu menyampaikan salam kepada akun milik Ulul Azmi Kadji, setelah mendapat balasan ia menanyakan posisi Ulul saat itu. “Dia tanyakan dimana posis dinda, saya jawab di kota Gorontalo kakanda wawali, siap perintaj,”ujarnya.

Peretas lalu memanfaatkan akun @budi doku untuk minta tolong. “Dinda saya bisa minta tolong dulu,”. “Ya Insya Allah kanda wawali, toduwolo,”jawab Ulul. Namum kecurigaan Ulul mulai muncul ketika @budi doku memintanya untuk mentransfer sejumlah uang. “Saya mulai curiga disitu. Saya yakin orang yang berbicara ini bukan Wawali.

Karena tidak mungkin Wawali sampai harus meminjam uang kepada saya sejumlah Rp 3 juta,” jelasnya. “Saya tahu dan kenal betul Pak Wawali. Orangnya tidak seperti itu. Karena saya sudah lama berteman dengan Beliau. Makanya kan diakhir pembicaraan saya merespon dengan mengirimkan gambar bunga,” ungkapnya.

Ulul mengaku, setelah mengakhiri obrolan, dia langsung menghubungi Wawali untuk menginformasikan kecurigaannya terhadap upaya pihak-pihak tertentu untuk menghacker akun facebook Wawali dengan tujuan penipuan. “Saya langsung konfirmasi ke pak Wawali.

Dan ternyata dugaan saya benar. Pak Wawali tidak pernah mengobrol dengan saya lewat pesan facebook pada Sabtu (9/4) malam. Dan beliau makin kaget setelah saya informasikan bahwa dalam pesan itu beliau ingin meminjam uang dari saya. Pak Wawali langsung tegaskan itu penipuan dan akunnya sudah dihacker,” tandasnya.

Menurut Ulul, tak hanya dirinya yang coba ditipu oleh pihak yang menghacker akun facebook Wawali Budi Doku. Ada beberapa kader Partai Golkar yang juga mengalami kejadian serupa. “Tapi mereka juga punya dugaan seperti saya. Bahwa itu hanya penipuan dengan menghacker akun facebook Wawali,” jelasnya.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar