Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspadai Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 19 Oktober 2020 | 23:05 WITA Tag: ,
  Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang hal yang mengkhawatirkan terkait penyebaran Covid-19. Yakni, pada akhir Oktober hingga awal November akan ada libur panjang. Maklum, seperti yang terjadi sebelumnya, setiap libur panjang, terjadi peningkatan penderita Covid-19.

Ini juga diungkapkan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo berharap agar libur panjang akhir Oktober 2020 tidak membuat angka penyebaran virus corona menjadi tinggi. Doni mengungkap, hal itu juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo.

“Bapak Presiden sudah menjelaskan tentang kekhawatiran beliau manakala libur panjang ini tanpa diantisipasi dengan baik,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi melalui telekonferensi, Senin (19/10/2020) seperti dilansir jpnn.com.

BACA  'Pasar Rakyat Digital' Permudah Warga di Era Pandemi

Doni mengingatkan, libur panjang yang lalu, yaitu pada akhir Juli dan minggu ketiga Agustus, angka penyebaran virus Covid-19 cukup tinggi. Kasus positif mengalami peningkatan sejak 1-29 September yang lalu.

“Dan alhamdulillah setelah itu, intervensi yang dilakukan oleh pusat dan daerah dibantu oleh seluruh komponen yang ada di seluruh di provinsi, kabupaten atau kota, TNI atau Polri, sukarelawan, dan juga tokoh-tokoh, kasus di sejumlah provinsi mengalami penurunan. Beberapa di antaranya mengalami flat,” jelas Doni.

BACA  Warga Kabila Mulai Sadar Soal Penerapan Protokol Kesehatan

Oleh karena itu, kata Doni, pihaknya terus mengupayakan agar tidak terjadi kasus Covid-19 yang bertambah. Doni juga menjelaskan kasus aktif Covid-19 di sejumlah daerah mengalami penurunan yang signifikan akhir-akhir ini.

“Kasus aktif pada 20 September 2020, yaitu 23,6 persen. Dan pada 18 Oktober, setelah kurang lebih sebulan dilakukan intervensi turun menjadi 17,69 persen,” katanya.

BACA  Walikota Gorontalo Segera Kembalikan Program yang Tertinggal

Doni melanjutkan, angka rata-rata kesembuhan berada di posisi 72,5 persen pada 20 September 2020. Lalu pada 18 Oktober mengalami peningkatan menjadi 78,85 persen. “Kemudian angka kematian pada 20 September 2020, yaitu 3,9 persen. Saat ini, 18 Oktober 2020 turun menjadi 3,45 persen,” pungkas Doni. (***)

 

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar