Sabtu, 24 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspadai Wabah Corona Tanpa Gejala

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Sabtu, 17 Oktober 2020 | 16:05 WITA Tag: , ,
  Dosen IAIN Gorontalo, Dr. Nova Effenty Muhammad, M.H.I.


Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga saat ini, dunia kedokteran terus merilis penyakit yang menjadi gejala jika seseorang terpapar Covid-19. Namun, yang perlu diwaspadai yakni wabah Corona muncul tanpa ada gejala sebelumnya.

Ini diungkapkan salah seorang mantan pasien Covid-19 yang juga seorang Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Gorontalo, Dr. Nova Effenty Muhammad, M.H.I. Diungkapkan bahwa dirinya saat divonis terpapar Covid-19, tak ada gejala sebelumnya.

BACA  BRI Limboto Siap Terapkan Protokol Kesehatan Meskipun Nasabah Membludak

“Makanya, masyarakat Gorontalo seharusnya punya kesadaran diri masing-masing terkait dengan penggunaan Protokol Kesehatan. Karena banyak orang yang telah terpapar namun tidak merasakan gejala apapun,” kata Nova Effenty Muhammad.

BACA  Bapera Siap Bantu Pemerintah Minimalisir Penyebaran Covid-19

Lanjut katanya, saat dirinya melakukan test swab pada 14 September 2020 lalu, dan dinyatakan positif terpapar Covid-19. Dirinya termasuk salah satu dosen yang terpapar  Covid-19 dengan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Beberapa dosen IAIN yang melakukan Test Swab hasilnya positif, termasuk saya. Tapi saya tidak pernah merasakan gejala-gejala apapun,” ungkap Nova Effenty Muhammad.

BACA  Libur Panjang, Warga Diminta Tetap di Rumah Saja

Berdasarkan pengalaman itu, Nova Effenty Muhammad meminta kepada masyarakat Gorontalo untuk menjalankan protokol kesehatan. Alasannya, kita tak pernah mengetahui apakah orang di sekitar kita terpapar Covid-19 atau tidak. (***)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar