Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Winta Wahyu Widada, Piawai Pindahkan Momen Lewat Jepretan Kamera

Oleh Jamal De Marshall , dalam Ragam , pada Senin, 23 Desember 2019 | 16:00 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Berawal dari hobi traveling, Winta Wahyu Widada menjadi gemar fotografi. Lewat jepretan kamera, dia memindahkan setiap potongan keindahan suatu tempat kebenak setiap orang melihatnya. Siapa Winta ? Dia adalah Ketua Bhayangkari Gorontalo, istri Kapolda Gorontalo Brigjend Pol Wahyu Widada.

Baru lebih dari sebulan lalu, ibu dua anak ini menginjakan kaki di Gorontalo. Berpindah tempat mengikuti sang suami, sudah biasanya baginya. Namun, di semua itu tak membuatnya berhenti berkarya.

Sri Wahyuswinta lahir 4 April 1969 di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Karirnya di awali di sebuah Perusahaan Farmasi di Jerman. Namun, ibu dari Satvika Vidya Iswara dan Livana Helga Clarissa ini memilih berhenti. Rupanya, ia lebih tertarik mencari kesibukan yang sesuai dengan passion dirinya.

Ya, pasion yang kini menjadi hobinya itu, yakni traveling dan ekspolre keindahan alam Indonesia. Ia jatuh cinta pada fotografi. Dari hobi pun, lama-lama aktivitas fotografi menjadi profesi hingga melekat sebagai eksistensi. Dan memang, karya-karya fotonya sangat mengagumkan. Dari jepretan tangannya, setiap serpihan surga Indonesia terabadikan dalam foto-foto menarik hingga tersebar ke penjuru negeri.

BACA  Kodim Bone Bolango Ditargetkan Berdiri pada 2021

“Rasanya sayang gitu, kalau lihat keindahan tapi tidak abadikan dan dibagikan pada orang lain,” ujarnya ketika diwawancarai awak media, Sabtu (21/12).

Ada yang menarik dalam filosofi fotografi yang dipahami Winta. Proses fotographi baginya bukan sekedar jepret. Setiap sasaran harus diambil dari angel yang tepat agar gambar yang keluar punya makna, lebih berasa dan dapat bercerita.

“Bisa jadi, setelah lihat hasil gambar, mereka tertarik dan berkunjung ke tampat yang gambarnya kita sebarkan itu,” ujar wanita yang pernah menjadi Duta Pariwista dari Pekanbaru tersebut.

Menurut Winta, hobi fotografi selama ini digelutinya secara serius. Beragam teknik pengambilan gambar telah dipelajarinya. Ia juga banyak berkenalan dengan rekan-rekan dari komunitas fotografi. Pada momen-momen tertentu, bersama rekan komunitas fotographi, ia punsering blusukan ke desa-desa, hutan, air terjun, dan tempat-tempat indah lainnya di bebagai pelosok negeri.

“Banyak tempat yang kita potret, terus kita bagikan melalui media sosial. Apalagi sekarang, kan jaringan internet sudah luas. Dalam hitungan detik mampu menembus jutaan viwers. Akhirnya banyak orang berdatangan ke tempat-tempat yang gambarnya kita bagikan lewat media sosial,” katanya.

BACA  Hari Lalu Lintas ke-65, Polda Gorontalo Bagikan Masker dan Paket Sembako

Di Gorontalo, Winta pun berencana mengunjungi tempat-tempat indah yang telah menjadi destinasi wisata. Beberapa lokasi yang telah dikunjunginya di Gorontalo antara lain Danau Limboto, Air terjun Lombong dan Pulau Cinta. Gambar terkait lokasi tersebut sudah disebarkannya lewat media sosial dan mengundang banyak minat dari berbagai viewrs yang mengikutinya.

Salah satu sarana media sosial yang digunakan Winta adalah instagramnya Wintawidodo.gallery. Di instragram itu, ia pun mengupload foto-foto Gorontalo yang diambilnya. Ada menyangkut panorama dan landskap Danau Limboto beserta aktivitas para nelayan setempat, juga foto objek wisata Pulau Cinta.

“Setelah lihat foto saya, banyak orang-orang sudah pengen banget ke Gorontalo. Saya persilahkan. Pulau Cinta dari penginapan sampai pemandangan bagus banget. Danau Limboto itu lokasi terbaik untuk fotographi,” ujarnya.

Meski belum lama di Gorontalo, Winta berambisi untuk mengenalkan Pariwisata Gorontalo lewat karya-karya fotographinya. Ia pun punya rencana untuk bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Gorontalo. Terlebih, saat ini, Gorontalo sedang giat-giatnya membumikan pariwisatanya agar bisa mendunia. Hanya saja pesan Winta, soal kebersihan dan kelengkapan infrastruktur pariwisata masih perlu perhatian serius dari pemerintah di Gorontalo.

BACA  Wisata Pertanian Huntu Selatan, Destinasi Baru di Gorontalo

“Nanti insyaallah, saya juga akan melihat dan mengambil gambar kehidupan warga di Kampung Bajo. juga Tempat wisata lain seperti Saronde, Pantai Ratu dan Wisata Hiu. Mudah-mudahan ini bisa semakin mengangkat promosi pariwisata Gorontalo,” katanya.

Ketua Komunitas Fotografi dan Pemerhati Wisata Gorontalo, Idris Mertosono, mengatakan, hasil karya Winta Widada berkelas. Hobinya bukan sekedar kebiasaan. Setiap foto yang ditampilkan, menggambarkan profesionalitas. Selain itu, Idris mengapresiasi tujuan dari istriKapolda itu, yakni memperkenalkan wisata di Gorontalo ke dunia luar.

Salah satu karya Winta Wahyu Widada yang mana telah mengabadikan seorang nelayan yang tengah melemparkan jaring apung di Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Foto Istimewa/Winta Wahyu Widada )

“Sebagai masyarakat Gorontalo dan sesama fotografer, saya berterima kasih atas kepedulian ibu Winta terhadap Parawisata Gorontalo. Ini harus dijadikan contoh yang bisa mensuport setiap fotografer. Karya yang bagus bisa mendatangkan wisatawan,” kata Idris.

Kini, dari setiap potong gambar foto yang diabadikan Winta, Gorontalo bercerita tentang keindahan alamnya di kancah nusantara. Sosok Winta Widada cocok dengan pepatah Women Behind The Gun (Wanita Dibalik Senjata). Tapi senjatanya, adalah sebuah kamera. Teruslah berkarya, ibu Kapolda. (gp/hg)


Komentar