Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



‘Wisata Jalan Pelangi’, Destinasi di Sekitar Makam Pahlawan Nani Wartabone  

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Ragam , pada Rabu, 24 Maret 2021 | 22:30 WITA Tag: , ,
  Salah satu yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Wisata Jalan Pelangi di waktu malam yakni lampu hias sepanjang 600 meter. (Foto: Istimewa/rita setiawati: UNG)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jika berbicara tentang destinasi wisata di Gorontalo, nampaknya tak akan pernah habis. Selalu saja ada yang baru yang ditunjang dengan kreatifitas masyarakat.

Belakangan ini, muncul objek wisata yang terletak di Desa Bube Baru, Suwawa, Bone Bolango. Wisata Jalan Pelangi, nama yang diberikan oleh masyarakat setempat. Terletak disekitar Makam Pahlawan Nasional, Nani Wartabone.

Informasi yang berhasil dihimpun, Wisata Jalan Pelangi ini, dulunya adalah sebuah gang sempit. Kemudian disulap menjadi salah satu tempat wisata oleh masyarakat setempat. Destinasi ini cocok untuk pengunjung untuk bersantai dan tentunya sebagai tambahan referensi untuk menambah koleksi foto di media sosial.

BACA  Nikmati Khasiat ‘Kelapa Muda Bakar’ di Kawasan Center Poit Bone Bolango

Salah satu alasan kenapa destinasi ini wajib dikunjungi karena tiket masuk dibayar hanya keikhlasan saja. Selain menyajikan beberapa spot foto, para pengunjung juga bisa menikmati es kelapa muda dengan sajian pemandangan asri seperti sawah dan gunung.

Tampilan Wisata Jalan Pelangi di siang hari. (Foto: Istimewa/rita setiawati: UNG)
Tampilan Wisata Jalan Pelangi di siang hari. (Foto: Istimewa/rita setiawati: UNG)

Adakah waktu tertentu untuk berkunjung? Dapat dikunjungi kapan saja, Pada siang hari, hamparan sawah dan gunung menjadi pemandangan yang menarik. Ketika malam tiba, cahaya lampu hias sepanjang 600 meter terpancar menambah syahdu situasi.

BACA  Pohon Tumbang Menimpa Satu Unit Mobil, Kondisinya Rusak Parah

Selain terdapat lampu hias berwarna-warni sepanjang gang, pengunjung juga disajikan berbagai gambaran 3D yang tentunya semua itu adalah hasil kreativitas warga di desa tersebut

Menurut Kepala Dese Bube Baru, Meyti Buyu, gagasan ini sudah lama yakni sejak 2017 lalu. Konsepnyapun bukan hanya menghadirkan Jalan Pelangi, namun menghadirkan sejumlah sepeda ontel.

“Karena sisa dana desa yang tak mencukupi, dan juga terjadi perubahan anggaran desa pada 2021, maka anggaran yang tidak seberapa itu kita manfaatkan untuk menata desa ini. Salah satunya menghadirkasn Wisata Jalan pelangi,” ungkap Meyti Buyu.

BACA  Hadapi Cuaca Ekstrim, Ini Harapan Wagub Gorontalo Terhadap Instansi Terkait

Kendati pengunjung banyak, pihak pengelola tetap mengedepankan protokol kesehatan. Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan Pakai Sabun. Tujuannya akar berwisata aman, tanpa harus tertular atau menulari orang lain Covid-19.

Hadirnya destinasi ini disambut baik oleh masyarakat, khususnya pedagang kecil menegah. “Alhamdulillah berkat adanya wisata ini saya bisa buka warung kopi dan menjual pisang goreng, penghasilan dalam satu hari pun lumayanlah,” kata salah satu warga yang berjualan di lokasi. (rita/ung/hargo)

 


Komentar