Rabu, 3 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wisuda di Tengah Pandemi, UNG Terapkan Sistem Drive Thru

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 12 Oktober 2020 | 22:35 WITA Tag: , ,
  Suasana pelaksanaan wisuda menggunakan sistem drive thru oleh UNG, Senin (12/10/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar wisuda 1.473 mahasiswa. Menariknya, dalam melaksanakan proses wisuda itu, UNG menerapkan sistem drive thru.

Menurut Rektor UNG, Eduart Wolok, sistem drive thru dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Sebab, diketahui besama setiap pelaksanaan prosesi wisuda pasti kerumunan tidak dapat dihindari.

“Sekarang masih masa pandemi. Kita belum bisa berkumpul atau berkerumun. Makanya, kita laksanakan wisuda kali ini menggunakan sistem drive thru,” ujar Eduart Wolok.

BACA  Bahas Metode Pengadaan Barang dan Jasa, Gubernur Gorontalo Temui LKPP
Suasana pelaksanaan wisuda menggunakan sistem drive thru oleh UNG, Senin (12/10/2020). (Foto : Istimewa)
Suasana pelaksanaan wisuda menggunakan sistem drive thru oleh UNG, Senin (12/10/2020). (Foto : Istimewa)

Dalam sistem wisuda Drive Thru ini pengukuhan 1473 Wisudawan dilakukan dalam 5 tahap, dimana setiap tahap pelaksanaan dilakukan untuk 300 Wisudawan saja. Saat prosesi wisuda, para Wisudawan harus antri menggunakan kendaraan pribadi baik itu Mobil, Motor, Bentor bahkan Sepeda.

Kemudian ketika penyerahan ijazah maupun proses pemindahan talikuncir, wisudawan harus turun dari kendaraan dan naik ke panggung dengan didampingi oleh Orang Tua atau Pendamping lainya maksimal 2 orang. Setelah melalui prosesi tersebut wisudawan naik ke kendaraan untuk kemudian pergi meninggalkan lokasi Wisuda.

BACA  Ini Cara Pemprov Gorontalo Tangani Stunting

“Disisi lain saat UNG melakukan survey kecil-kecilan, para wisudawan tetap berharap tetap di wisuda dengan memiliki kenangan terbesar dalam hidupnya seperti menerima ijazah dan dokumentasi yang representatif,” ungkap Rektor.

Dari survey yang dilakukan kata Rektor, UNG mencoba melihat kondisi maupun situasi, sehingga akhirnya sistem Drive Thru diterapkan dalam Wisuda kali ini. Dimana dalam prosesi kali ini mengkombinasikan prosesi wisuda diawal dilaksanakan secara online, sedangkan prosesi wisuda baik itu penyerahan ijazah, pemindahan tali kuncir dengan sistem Drive Thru.

BACA  Bahas Usaha Pertambangan, TKPRD Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Koordinasi

“Dengan begitu seluruh wisudawan bisa datang untuk selanjutnya melakukan prosesi Wisuda, dan langsung kembali ke Rumah masing-masing tanpa ada kerumunan masa, sehingga semua kepentingan bisa akomodir dalam model wisuda ini,” terangnya.(HARGO/RILIS)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar