Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wisye Pangemanan Minta Kembangkan Pupuk Organik

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Jumat, 28 Januari 2022 | 20:05 Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut) Wisye Pangemanan

Hargo.co.id, GORONTALO – Menyikapi harga pupuk yang saat ini semakin mahal dan juga kurangnya subsidi pemerintah, maka instansi teknis terkait diharapkan mampu berinovasi. Misalnya mengembangkan pupuk organik guna meminimalisir dampak kelangkaan kebutuhan pupuk pada petani.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Wisye Pangemanan yang berharap agar Dinas Pertanian dapat membuat demplot yang menggunakan pupuk organik. Bagi Wisye Pangemanan, penggunaan pupuk organik justru sangatlah bijaksana mengingat kondisi lahan pertanian tidak selama subur dan terpenuhi unsur haranya. 

“Lahan pertanian yang digunakan secara terus menerus tentu akan turun unsur haranya, sehingga dapat mempengaruhi tanaman yang ditanam diatas lahan tersebut,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Lanjut katanya, dengan penggunaan pupuk organik justru akan baik untuk lahan pertanian. Karena dengan penggunaan pupuk organik tersebut, dapat mengembalikan unsur hara tanah, sehingga tanaman dapat memenuhi unsur yang dibutuhkan.

Wisye Pangemanan berharap agar Dinas Pertanian dapat memprogramkan hal ini untuk kepentingan pertanian yang ada di daerah. 

“Bagaimana Dinas Pertanian dapat mensosialisasikan penggunaan pupuk organik kepada para petani, termasuk dengan manfaatnya selain sebagai pupuk,” kata Wisye Pangemanan.

Selain sosialisasi, Dinas Pertanian juga diharapkan dapat mengembangkannya dengan demplot percontohan penggunaan pupuk organik. 

“Tujuannya tentu agar para petani lebih memahami dan melihat langsung contoh dari penggunaan pupuk organik untuk tanaman pertanian,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 37 times, 1 visits today)

Komentar