Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wow! Aksi Nekat dengan Modal Kacu, Pramuka Tunarungu Ingin Keliling Indonesia

Oleh Berita Hargo , dalam Features Headline , pada Sabtu, 3 Juni 2017 | 11:45 Tag: , ,
  

Gorontalo Hargo.co.id – Keterbatasan tidak jadi penghalang untuk berkarya dan mewujudkan cita-cita. Seperti yang dilakukan Muhamad Farid Saleh, pria tunarungu ini hendak keliling Indonesia, hanya bermodal Seragam Pramuka.

Dari Bets Pramuka yang digunakanya, jelas jika Muhamad Farid Saleh merupakan Pramuka asal Kota Palu, Sulawesi Tengah. Di dada bagian kiri, tertulis Pramuka Keliling Indonesia.

Farid, sapaanya memang sedang menyelesaikan misi keliling Indonesia. Jumat (2/6), ia mampir ke Graha Pena Gorontalo Post dan diterima langsung Dirut Gorontalo Post Grup Mohammad Sirham.

Gorontalo adalah daerah kedua yang ia datangi, setelah sebelumnya melakukan perjalanan ke Sulawesi Utara (Sulut). Perjalanan keliling Indonesia dimulainya dari Palu pada 26 April 2016 lalu.

Ini bisa dilihat dari album sertifikat yang ia bawa, sejumlah kepala daerah di Gorontalo dan Sulut memberikan sertifikat sebagai tanda pernah disinggahinya, termasuk instansi TNI dan Polri.

Bicara keliling Indonesia, memang bukan hal baru. Banyak warga yang sudah melakukanya. Namun Farid terbilang ‘nekat’, sebab ia memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Pria kelahiran 20 Juni 1996 ini adalah tunarungu atau memiliki gangguan pendengaran.

Kondisi ini membuat Farid susah berkomunikasi. Untungnya ia bisa membaca dan menulis.

Tamatan sekolah luar biasa (SLB) ABCD Muhamadiyah Palu ini bahkan telah menyiapkan sejumlah kertas untuk siap ditulis, jika memang harus berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Jadinya, saat saat sesi wawancara koran ini dengan Farid pun, menggunakan media kertas, begitu pertanyaan selesai ditulis, Farid menjawabnya juga dengan cara ditulis. Dari situ diketahui keinginanya untuk keliling Indonesia.

Ia mengaku keterbatasanya sebagai tunarungu, bukan penghalang untuk bisa berbuat sesuatu, termasuk keliling Indonesia. Apalagi tujuannya keliling Indonesia adalah ingin menunjukan, jika tunarungu adalah bagian dari warga negara Indonesia. Modalnya hanya satu, Pramuka.

Dengan seragam Pramuka, lengkap dengan kacu, ia bisa berinteraksi dengan siapa saja. Farid sudah beberapa hari di Gorontalo. Ia menumpang di rumah keluarganya di Jl Jeruk, Kota Gorontalo.

Ahad (5/6), ia akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera dengan pesawat udara. “Mohon dukungan untuk bisa keliling semua Indonesia,”tulisnya. (tro/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar