Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wow… Gaji Bulanan Cair Bersamaan Gaji 13 Cair

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 2 Juli 2018 | 15:51 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Aparatur Sipil Negara (ASN) se Gorontalo kembali menikmati gaji bulan ke 13 tahun ini. Menariknya, pencairan gaji 13 bersamaan gaji bulanan yang mulai dilakukan hari ini, Senin (02/07/2018)

Artinya, hari ini ASN menerima dobel gaji. Sebelumnya pada bulan lalu, pemerintah juga merogoh APBD untuk membayar gaji 14 atau THR pada abdi negara. Sayangnya, baik gaji 13 maupun 14 ASN, tidak berlaku bagi pegawai honorer yang ada di masing-masing instansi pemerintah.

“Sudah pasti besok (hari ini,red) gaji 13 dibayarkan Pemprov sudah siap,”kata Kepala Bidang Anggaran Dinas Keuangan Pemprov Gorontalo, Daniel Ibrahim, ahad (1/7) tadi malam.

Ia menjelaskan, Pemprov mengeluarkan dana seperti pembayaran gaji bulan juni lalu yakni Rp 23,8 miliar. Jumlah itu untuk 5.756 ASN Pemprov Gorontalo. Hal yang sama dilakukan Pemda Kabupaten Gorontalo. Semua ASN akan menerima gaji ke-13 yang dicairkan hari ini (2/7). Untuk gaji 13, ASN Pemkab Gorontalo menghabiskan Rp 22,3 Miliar APBD.

“Pembayaran gaji 13 hari Senin (2/7 ) untuk seluruh PNS di Kabupaten Gorontalo,”ujar Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Nelson menjelaskan, untuk pembayaran gaji 13 bagi seluruh PNS di Kabupaten Gorontalo menyedot kurang lebih 22.330.881.750 Miliyar dengan rincian ASN golongan I sebanyak 15 Pegawai, golongan II sebanyak 762 pegawai, golongan III 3.034 pegawai dan golongan IV 1.533 pegawai. Sehingga total jumlah PNS yang akan menerima gaji 13 totalnya 5.344 Pegawai.

BACA  30 ASN Terpapar Corona, Dikes Provinsi Gorontalo Berlakukan WFH

Nelson menerangkan, PNS yang berhak menerima gaji 13 adalah PNS yang aktif dengan rincian komponen gaji dan tunjangan. kemudian untuk gaji 13 dari komponen tambahan penghasilan segera ditagi dan akan dicairkan minggu ini juga.

“Komponen Gaji 13 tambahan penghasilan tidak dicairkan bersamaan karena berbeda rincian objek belanjanya sehingga tidak ditagi sekaligus, akan tetapi mulai hari ini pengajuan tagihan,” jelasnya.

Intinya, tegas Nelson komponen Gaji 13 dan tunjangan hari ini cair termasuk untuk anggota DPRD. Begitu pun dengan Pemda Kabupaten Bone Bolango, hari ini (2/7) gaji 13 ASN akan dibayarkan. Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Bone Bolango, Jusni untuk 3.859 ASN, termasuk di dalamnya gaji ke-13 pimpinan dan anggota DPRD Bone Bolango.

“Untuk pencairannya bersamaan dengan gaji bulan Juli. Insya Allah pada pukul 09.00-10.00 Wita sudah mulai masuk ke rekening masing-masing ASN dan anggota DPRD,” kata Jusni Bolilio saat dihubungi via selulernya, ahad (1/7).

Jusni menjelaskan, untuk gaji ke-13 ASN dan anggota DPRD, tanpa potongan apapun dan besarnya dibayarkan sesuai dengan jabatan, kepangkatan maupun golongan.

BACA  Pastikan Protkes, Ormawa UNG Bantu Pencegahan Covid-19

”Jadi komponen yang dibayarkan dalam gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan isteri dan tunjangan anak. Minus tunjangan kinerja (Tukin),” jelas Jusni Bolilio.

Dia menambahkan, pada prinsipnya Pemkab Bonebol sudah siap membayarkan gaji ke-13, termasuk gaji bulan Juli 2018, karena anggarannya tersedia. Total anggaran yang disiapkan untuk membayar gaji bulan Juli dan gaji ke-13 kurang lebih berjumlah Rp31 miliar.
Rinciannya meliputi gaji bulan Juli 2018 berjumlah Rp16 miliar lebih dan gaji ke-13 berjumlah Rp14 miliar lebih.

”Kenapa gaji ke-13 lebih kecil dari gaji bulan Juli? Karena di komponen gaji ke-13 tidak ada tunjangan beras, sementara di gaji bulan Juli ada tunjangan beras,” terang Jusni Bolilio.

Dia menjelaskan, bahwa gaji ke-13 ini diberikan untuk membantu pembiayaan anak sekolah. Dengan demikian, para ASN maupun anggota DPRD bisa mencukupi kebutuhan sekolah anak-anaknya di tahun ajaran baru. Karena alokasi gaji ke-13 ini memang dikhususkan untuk membantu biaya pendidikan anak sekolah.

”Alhamdulillah Bank Sulutgo sudah siap melakukan pembayaran gaji ke-13 dan gaji bulan Juli 2018 yang jumlahnya mencapai Rp31 miliar,” beber Jusni Bolilio.

BACA  Tiga Anggota DPRD Pohuwato Resmi Diberhentikan

Berbeda dengan Kabupaten Pohuwato, total anggran Rp 13 miliar untuk gaji 13 baru akan dicairkan setelah Pemda membayar gaji bulan juli untuk ASN.

“Sesuai dengan PP, kebijakannya minggu pertama Juli sudah harus dicairkan. Sehingga itu pekan depan setelah pembayaran gaji induk bulan juli, disusul dengan pembayaran gaji 13,” ujar Kabid Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pohuwato, Suwartono Hulawa.

Terkait dengan pembayaran gaji 13 ini, tambah Suwartono sama halnya dengan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) belum lama ini.

“Dimana akan dibayarkan sesuai dengan gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan golongan. Namun tidak termasuk tunjangan beras, karena tunjangan beras tidak dibayarkan pada gaji 13 ini,” pungkasnya.

Hal serupa disampaikan Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid. Ia mengatakan, saat ini dana gaji 13 untuk seluruh ASN di bawah tanggungan Pemkot Gorontalo sudah disiapkan. Tetapi untuk pembayarannya, Pemkot masih akan mendahulukan gaji bulan Juni yang sesuai rencana akan dibayarkan hari ini Senin (2/1).

“Nanti setelahnya baru gaji 13 kita bayar. Kan, masih ada kesempatan di minggu pertama sehingga Insya Allah antara tanggal 3 atau 4″ Juli lah, gaji 13 kita bayar” ujar Ismail Madjid. (gp/hg)


Komentar