Rabu, 28 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



WOW KEREN! Di Gorontalo, 17 Bupati-Walikota Gagas Rumpon Tuna Terbesar di Indonesia

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Sabtu, 15 April 2017 | 09:42 WITA Tag: , , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Sebagai teluk terbesar di Indonesia, Teluk Tomini memiliki potensi yang besar.

Terutama dalam bidang sumber daya perikanan dan wisata bahari. Memanfaatkan potensi tersebut, 17 bupati-walikota di Zona Teluk Tomini bersepakat untuk menggagas rumpon tuna terbesar di Indonesia.

Kesepakatan itu mencuat dalam Green Investment Meeting 2017 yang dilangsungkan di Pentadio Resor, Desa Pentadio, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Jumat (14/4).

BACA  Akhirnya, Warga di Tilongkabila Mulai Sadar Soal Protokol Kesehatan

Pertemuan yang diprakarsai Asosisasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Pemkab Gorontalo itu dihadiri Wakil Ketua APKASI Sehan Landjar (Bupati Boltim) serta para bupati/walikota se-Indonesia. Turut hadir para investor, lembaga donor internasional, kementerian hingga perwakilan dari kedutaan besar.

Kesepakatan untuk mengagas rumpon tuna terbesar di Teluk Tomini bertujuana gar potensi perikanan di Teluk Tomini, khususnya potensi ikan tuna bisa memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat. Mengingat angka kemiskinan di wilayah pesisir Teluk Tomini masih cukup tinggi. Yakni berada di kisaran 20 persen.

BACA  Pelantikan Kadis Dukcapil Gorontalo Utara Minta Dibatalkan

Demikian pula konektivitas antar daerah di Teluk Tomini masih sangat rendah. Termasuk kerjasama antara daerah yang belum maksimal serta perhatian pemerintah pusat yang minim. Karena itu APKASI mendorong pengembangan Teluk Tomini yang mengedepankan investasi hijau (green investment).

Penjabat Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Green Meeting Investmen menjadi harapan baru dalam pengembangan Teluk Tomini. Dirinya yakin, yang dibutuhkan saat ini adalah kebersamaan semua daerah, kesamaan langkah dan program yang digodok bersama bisa membawah perubahan yang sangat besar untuk kawasan Teluk Tomini Raya.

BACA  Putra Gorontalo Kendalikan LLDIKTI Sulutenggo

“Forum ini saya berharap betul-betul jadi motor pergerak model pemerintahan yang baru. Perkembangan itu dilakukan bersama, jangan dilakukan secara sendiri-sendiri,” ujar Zudan.

Laman: 1 2


Komentar