Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wujudkan Bone Bolango Maju Cemerlang, Hamim – Merlan Siapkan Empat Misi

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Minggu, 27 September 2020 | 10:05 WITA Tag: , , ,
  Calon Bupati, Hamim Pou (Kanan) dan Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli (Kiri). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Untuk mewujudkan visi Bone Bolango Maju Cemerlang, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango, Hamim Pou dan Merlan Uloli (HPMU) telah menyiapkan empat misi.

Pertama, mewujudkan masyarakat modern, berbudaya dan sejahtera. Masyarakat Bone Bolango yang modern, berbudaya dan sejahtera adalah ciri masyarakat maju yang sudah mencapai level pengetahuan cerdas, kesehatan yang baik serta mandiri dalam ekonomi.

“Upaya ini akan dicapai dalam kurun waktu 5 tahun mendatang dengan berbagai kebijakan prioritas, yaitu meningkatkan kualitas layanan pendidikan, meningkatkan kualitas layanan kesehatan sehingga akan terwujud masyarakat yang bahagia dan sejahtera,” ujar ketua Tim pemenangan HPMU, Yuriko Kamaru, Sabtu (26/9/2020).

BACA  Temui Menteri Bappenas, Gubernur Gorontalo Pastikan Perpres Penanggulangan Banjir Segera Terbit

Misi Kedua HPMU, lanjut Yuriko Kamaru, yakni memperkokoh infrastruktur dan pembangunan kawasan sebagai prime mover keunggulan yang berbasis pelestarian sumberdaya alam. Misi ini akan dilakukan sebagai perwujudan penguatan tahapan pembangunan daerah Bone Bolango dari periode sebelumnya (2016-2020), yakni dari infrastruktur dasar menuju Infrastruktur berkembang dan maju pada periode akan datang (2021-2024).

“Penguatan dilakukan dengan cara mengembangkan fungsi-fungsi infrastruktur dasar, infrastruktur Ikonik/unik serta infrastruktur penunjang. Dimana kawasan perdesaan menjadi penggerak utama pertumbuhan wilayah yang mengedepankan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup dengan branding utama sebagai Kabupaten konservasi (Concervation City). Pembangunan infrastruktur advance harus berkontribusi terhadap daya guna infrastruktur dasar yang telah ada di periode sebelumnya. Kondisi yang ingin dicapai bukan lagi menjawab tantangan kebutuhan interkoneksi antar wilayah, namun lebih kepada kebutuhan integrasi wilayah-wilayah yang memiliki keunggulan, agar desa-desa maju akan menjadi penghela desa sekitarnya,” jelas Yuriko Kamaru.

BACA  Hamim Pou Masih Diinginkan Pimpin Bone Bolango

Selanjutnya misi ketiga, yakni mewujudkan perekonomian daerah yang berdaya saing, merata dan berkeadilan. Menurut Yuriko, hal ini merupakan upaya dalam menggerakkan perekonomian daerah melalui optimalisasi dan distribusi pendayagunaan sumber daya alam guna tercapainya pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

“Perekonomian daerah harus terus tumbuh tetapi tetap berkualitas yang menjamin pemerataan dan keadilan. Perekonomian daerah harus kompetitif yang tidak semata-mata dalam dimensi lokal tapi kompetitif dalam dimensi regional dan global. Perekonomian daerah harus semakin kreatif dan terintegrasi yang tidak semata-mata mengandalkan peran sektor primer khususnya pertanian tetapi semakin membuka peran lebih besar pada sektor-sektor sekunder dan tersier,” tuturnya.

BACA  Melalui Kelompok Tani, Sektor Pertanian di Kabgor Terus Dikembangkan

Terakhir misi keempat yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan digital.

“Misi ini akan mewujudkan pelaksanaan Good and Clean Governance dalam tatakelola pemerintahan berbasis internet of thinking. Peningkatan E-Government bukan hanya sekedar membangun system aplikasi pengelolaan birokrasi, namun juga menciptakan disrupsi inovasi pelayanan publik,” tutup Yuriko.(adv/rwf/hg)


Komentar