Minggu, 17 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wujudkan Indonesia Swasembada Pangan,Tanam Padi Dimulai dari Pohuwato

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 20 September 2016 | 14:50 WITA Tag: , ,
  


POHUWATO, Hargo.co.id – Musim tanam padi kini dimulai. Secara simbolis tanam padi di Gorontalo dimulai serentak, Senin (19/9) kemarin di Desa Imbodu, Kecamaran Randangan, Kabupaten Pohuwato, atau tepatnya di lokasi percetakan sawah baru.

Kegiatan ini merupakan gerakan serentak seluruh Indonesia. Kurang lebih 3000 peserta terdiri dari petani, siswa dan anggota TNI ikut terlibat dalam penanaman perdana padi sawah itu.

Tanam padi serentak melibatan unsur TNI dalam rangka program ketahanan pangan nasional.

BACA  Kena Razia Keramaian, Sejumlah Rumah Makan Ditutup

Staf Ahli Pangdam VII Wirabuana Bidang Sosial Budaya, Kolonel Inf. Haris Supi Anwari, bersama Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo Anis Naki dan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga hadir dalam kegiatan ini.

Dandim 1304 Gorontalo, Letkol Inf. Dadan Ismail Marzuki dalam kesempatan itu menjelaskan, pihaknya mengapresiasi pemerintah dan juga masyarakat petani yang sudah bersama-sama menyukseskan kegiatan yang dilaksanakan diseluruh Indonesia sesuai dengan perintah komando atas.

“TNI merupakan mitra dari Kementrian Pertanian yang turut bersama-sama menyukseskan swasembada pangan nasional dan alhamdulillah kerjasama antara TNI dan juga pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian telah terjalin dengan baik, khususnya di daerah Pohuwato,” ungkapnya.

BACA  Hajatan Libatkan Orang Banyak, Harus Seizin Bupati/Walikota

Sementara itu, mewakili Gubernur Gorontalo, Asisten I Pemprov Anis Naki menyatakan, Pohuwato adalah salah satu daerah potensi di provinsi khususnya pertanian. Indikator yang ada di Pohuwato dalam kurun waktu 2016 ini ada beberapa kegiatan pertanian yang dilaksanakan.

Mulai dari percetakan sawah hingga penanaman serentak yang dilaksanakan saat ini (Kemarin, red).

BACA  Langgar Protokol Kesehatan, Puluhan Warga Diamankan Petugas

“Kami dari Pemprov Gorontalo memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya untuk pelaksanaan kegiatan ini di daerah Pohuwato,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati Syarif Mbuinga menyatakan, dipilihnya Desa Imbodu, Kecamatan Randangan sebagai pusat pelaksanaan kegiatan ini tentu merupakan sebuah kehormatan.

Hal ini pula tentu bertujuan agar dapat merangsang masyarakat untuk lebih memperhatikan masalah pertanian. Penanaman padi serentak dilakukan dengan Alsintan, tidak lagi dilakukan secara manual seperti dilakukan para petani. (kif/hargo)


Komentar