Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wujudkan MPLS Berkarakter Bagi Siswa Baru – Tak Ada Perpeloncoan, Didik Siswa dengan Ilmu Pengetahuan

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Jumat, 21 Juli 2017 | 21:40 PM Tag: ,
  

hargo.co.id – ZETIZEN – Tiga hari pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang dulu dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) begitu bermakna bagi siswa baru di lingkungan SMA Negeri 1 Limboto. Selain menjamin siswa baru bebas dari tindakan perpeloncoan, guru pembina dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) lebih banyak mengambil kegiatan outdoor di PLS kali ini. Bukan hanya itu, SMAN 1 Limboto bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya dalam hal penerapan kedisiplinan para siswanya. Sebagai sekolah pelaksanaan pendidikan keluarga, SMAN 1 Limboto sangat disiplin, bahkan ketika mendapatkan siswa yang tak patuh terhadap peraturan sekolah dan dilakukan secara terus menerus. Maka sekolah akan memanggil orang tau siswa tersebut, dan meminta agar orang tua dapat membina anaknya.

“Sehingga penanaman karakter bagi siswa baru itu sangat penting. Karena itu dapat menentukan keberlangsungan mereka untuk bertahan dan disiplin selama sekolah tiga tahun di SMAN 1 Limboto,” ucap Plt. Kepala SMAN 1 Limboto Dr. Hj. Maryam Ui,M.Pd kemarin (20/7).

SMAN 1 Limboto yang juga menjadi satu-satunya sekolah rujukan di kabupaten Gorontalo itu pada MPLS tiga hari kemarin memberikan penguatan ilmu pengetahuan lewat game seru yang mengasah kecerdasan dan kekompakkan siswa. “Dalam MPLS kita ada game yang namanya game karakter dan game literasi. Disitu mereka dilatih kecerdasaannya, kekompakannya, menjadi anak yang tidak egois serta fokus dalam berfikir. Dengan game seperti itu, saya dan guru-guru lain bisa melihat sejauh mana daya fikir siswa baru kami,” tutur Maryam.

Nah, MPLS sudah berakhir Rabu (19/7), mulai pagi ini SMAN 1 Limboto memulai kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). “PTA juga ini penting untuk siswa baru agar mereka bisa melatih kemandirian. Kami juga menekankan kepada panitia untuk menjaga sikap dan menghindari tindakan-tindakan yang di luar batas yang seharusnya. Kami ingin siswa baru ini mendapatkan materi yang layak dan menambah ilmu pengetahuan mereka,” pungkasnya.

Dalam arahan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) provinsi Gorontalo DR Weni Liputo mengungkapkan bahwa pelaksanaan MPLS dan PTA yang dilaksanakan secara serentak untuk Gorontalo harus lebih pada penguatan pendidikan Karakter Dan Budaya literasi. Sementara itu Wakasek Humas SMAN 1 Limboto Ramla Hasan mengatakan kegiatan hari Sabtu sebelum penutupan akan dilaksanakan juga outbond yang bekerja sama dengan instansi Brimob Polda Gorontalo. (ndi/hargo)

KATA MEREKA TENTANG MPLS :

Hj. Meyke Mege,M.Pd
Wakasek Kesiswaan

“MPLS ini melatih mereka dalam menanam nilai-nilai karakter yang nantinya harus mereka implementasikan, sehingga harapan sekolah menciptakan generasi berkarakter itu bisa terwujud”

Hartati Harun,M.Pd
Pembina Osis

“Pelaksanaan MPLS kemarin tidak sepenuhnya dilepaskan kepada Osis, sebab guru lebih banyak terlibat dalam MPLS tahun ini. Nah, kebanyakan materi yang sudah diberikan oleh guru pembina adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan yang dibalut dalam kegiatan indoor. Dimana disitu ada games yang melatih mereka menjadi generasi yang menanam nilai karakter dalam diri mereka.

Ramla Hasim Hasan,M.Pd
Wakasek Humas

“Dalam bentuk kerjasama, kami selalu memberikan tempat untuk instansi mana saja yang mendukung program pendidikan. Bahkan ditahun ini kerjasama dengan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), kita akan kehadiran guru pengajar dari Amerika Mr. Nabil Ahmad. Dia akan mengajar di SMAN 1 Limboto untuk siswa kelas sepuluh dan sebelas.

Regita Pratiwi Thaib
Ketua OSIS SMAN 1 Limboto

Dalam kepengurusan kami, tahun ini ada salah satu target program yang akan kepengurusan osis smansal laksanakan dibulan oktober, yaitu Smansal seni dan sastra. Merupakan program yang setiap kelas menyiapkan kemampuanya dibidang masing-masing, nantinya pemenangnya bakal dapatkan penghargaan dan hadiah menarik.(zt-07)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar