Jumat, 26 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wujudkan Pembangunan, Pemerintah dan BPD Diharap Berkolaborasi

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 15 November 2021 | 22:05 PM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorut, Matran Lasunte

 Hargo.co.id, GORONTALO – Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan pembangunan di tingkat desa, yakni perlu ada kolaborasi antara pemerintah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kolaborasi juga diperlukan dalam mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di desa.

Ini disampaikan Wakil Ketua Komisi I, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) Matran Lasunte menanggapi beberapa permasalahan yang ada di desa. Olehnya, Komisi I hingga saat ini terus melakukan berbagai upaya dalam mencarikan penyelesaian ataupun solusinya. 

“Pelaksanaan pembangunan termasuk yang ada di desa dan juga jalannya pemerintahan, itu harus ada komunikasi, koordinasi serta kolaborasi dua arah atas seluruh elemen yang ada di desa, baik pemerintah desanya, BPD maupun organisasi lainnya yang ada di desa tersebut,” ungkap Matran Lasunte.

Lanjut kata kader PPP ini, berbagai persoalan di desa sebaiknya diselesaikan dulu di tingkatan desa. Secara bersama-sama duduk berdiskusi antara elemen yang ada di desa untuk mencarikan jalan keluar atas persoalan yang ada. 

“Jangan berjalan sendiri-sendiri dan mementingkan ego organisasi masing-masing. Elemen yang ada di desa harus mampu membawa perkembangan dan kemajuan pembangunan desa yang tentunya tujuannya untuk masyarakat yang ada di desa tersebut,” kata Matran Lasunte.

Upaya penyelesaian persoalan ataupun polemik yang terjadi di desa, harus mengesampingkan berbagai kepentingan. Alasannya, karena yang dikedepankan adalah kepentingan masyarakat. 

“Apapun itu persoalannya, harus jauh dari yang namanya kepentingan, terutama kepentingan pribadi. Dahulukan kepentingan masyarakat, sehingga pelaksanaan program maupun pembangunan yang ada di desa dapat dilaksanakan secara maksimal,” tegasnya.

Untuk itu, Matran Lasunte juga mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait. Agar tetap melakukan pembinaan dan juga memperhatikan peningkatan kualitas dari para aparatur yang ada di desa melalui berbagai pelatihan maupun bimbingan teknis terkait dengan tugas dan kinerja serta tanggung jawab dari pemangku kepentingan yang ada di desa. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar