Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wujudkan Pembangunan, Sinergitas BPD dan Kades Penting

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Wednesday, 14 July 2021 | 06:05 AM Tags: ,
  Pelantikan anggota BPD Kecamatan Gentuma Raya-Atinggola yang dihadiri Anggota DPRD Gorontalo Utara, Safrudin Bait. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mewujudkan program pembangunan di desa yang maksimal, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus dapat menjadi mitra pemerintah desa yang dalam hal ini Kepala Desa (Kades). Hal tersebut sebagaimana harapan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Safrudin Bait saat hadir pada pelantikan anggota BPD se- Kecamatan Gentuma Raya dan Atinggola, akhir pekan lalu. 

“Saya kira, anggota BPD ini adalah mitra kepala desa yang tentu harus bersinergi dalam rangka mewujudkan program pembangunan di desa,” tutur Safrudin. 

Mantan Kepala Desa Imana itu melihat, begitu besar potensi yang ada di setiap desa. Sehingga, pentingnya terjalin kolaborasi, koordinasi dan komunikasi antara anggota BPD dan kepala desa mewujudkan apa yang kemudian menjadi harapan masyarakat. 

“Tentu begitu banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat lewat anggota BPD. Maka, sudah sepatutnya itu dikawal dan diperjuangkan untuk direalisasikan bersama-sama dengan kepala desa dan aparatnya,” ujarnya. 

Lebih lanjut Safrudin menegaskan, bagaimanapun anggota BPD maupun kepala desa adalah representasi perwakilan masyarakat yang dipilih secara demokratis. “Maka, sudah sepatutnya, keduanya bersatu untuk bersama merealisasikan program yang nantinya direncanakan lewat RKPDes dan APBDes,” tukasnya. 

Lebih dari itu, anggota Komisi II DPRD Gorut itu berharap, baik anggota BPD dan kepala desa dapat merangkul seluruh elemen masyarakat di desa, agar program yang kemudian diwujudkan benar-benar berasal  aspirasi dari bawah dan bukan karena kepentingan pribadi atau kelompok. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar