Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Xiaomi Vs Asus, Mana Paling Mirip iPhone X Versi Murah?

Oleh Fajriansyach , dalam Headline LifeStyle , pada Sabtu, 3 Maret 2018 | 10:46 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id – Desain iPhone X rupanya memikat vendor smartphone lain untuk ikut meraup untung. Belakangan muncul vendor asal Tiongkok yang menghadirkan smartphone mirip iPhone X. Sebut saja Xiaomi dan Asus.

Xiaomi mengenalkan Redmi Note 5 Pro pada pertengahan Februari lalu. Kemiripan Redmi Note 5 Pro dengan iPhone X terletak pada desain belakang bodi smartphone.

Penempatan kedua kamera utama disusun vertikal dengan batas sebuah LED-Flash di tengah-tengah membuatnya tampak mirip sekali dengan punggung iPhone X. Bedanya hanya terletak pada tidak adanya logo buah apel tergigit khas pabrikan negeri paman sam, Apple.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir membawa desain layar kekinian dengan bentang layar seluas 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9. Meskipun desain punggung Xiaomi Redmi Note 5 Pro mirip iPhone X akibat penempatan kamera secara vertikal, namun desain depannya tidak terlihat serupa iPhone X. Sebab tidak disertakan ‘notch’ atau poni layar yang menjadi khas dari iPhone X.

Sementara itu, Asus juga tampaknya berambisi untuk meniru penampilan iPhone X lewat smartphone terbarunya, Zenfone 5. Ponsel pintar tersebut dikenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona. Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang memiliki kemiripan pada desain belakangnya, Asus dengan Zenfone 5 dan Zenfone 5Z-nya justru tanpa malu-malu menjiplak desain keseluruhan iPhone X.

Bagian punggunya sekilas tampak mirip, kemudian beralih ke bagian layarnya, kemiripan dengan iPhone X akan sangat terasa berkat adanya notch atau takik layar di bagian atasnya. Penempatan kamera depan, speaker, dan beberapa sensor juga persis iPhone X.

Euforia iPhone X sebelumnya memang tengah melanda berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat biasa hingga vendor-vendor smartphone yang tergoda dengan desain layaranya. Jauh sebelum Xiaomi dan Asus, ada banyak pabrikan smartphone yang meniru desain iPhone X habis-habisan. Namun kebanyakan vendor tersebut adalah vendor kecil yang tidak terlalu berpengaruh dalam perkembangan pasar smartphone global maupun pasar dalam negeri.

BACA  Jelang JMSC, Sejumlah Tim Mulai Lakukan Uji Coba

Asus merilis smartphone terbaru ‘mirip’ iPhone X dengan dua varian, yakni Asus Zenfone 5 dan Asus Zenfone 5Z. Asus Zenfone 5 mengusung desain layar kekinian. Pengguna akan diberikan ponsel dengan desain layar penuh tanpa bezel atau bezel-less. Sebab smartphone ini mengusung rasio layar ke bodi yang sangat tinggi. Layar Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z sama-sama memiliki bentang layar seluas 6,2 inci dengan aspek rasio 18:9. Keduanya juga membawa panel IPS LCD dengan resolusi 1080×2280 piksel.

Tidak hanya mirip iPhone X di bagian depan, Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z juga tampak mirip di bagian punggungnya. Terdapat dua buah kamera yang disusun secara vertikal di bagian pojok kiri. Bedanya hanya logo khas buah apel tergigit digantikan oleh sensor sidik jari dan logo Asus.

Mana yang akan merebut hati konsumen tanah air?

Saat ini kedua smartphone mirip iPhone X itu belum ada yang secara resmi masuk ke pasar Indonesia. Pun dengan kabar kapan akan secara resmi melenggang di tanah air. Namun karena Xiaomi dan Asus sama-sama vendor besar yang punya target pasar hampir sama, bagaimana jika kedua iPhone X versi murah itu melenggang di pasar Indonesia? Mana yang akan paling mampu menggaet konsumen di tanah air?

Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi harga, fitur, spesifikasi bahkan gengsinya. Redmi Note 5 Pro, hadir dengan chipset Snapdragrom 636 octa-core 1,8 GHz Kryo 26 dengan pemrosesan grafis Adreno 509.

Kameranya, Xiaomi Redmi Note 5 Pro dilengkapi dengan opsi dual kamera utama 12 MP (f/2.2) dan 5 MP (f/2.0) LED flash. Sementara kamera depan dengan resolusi ‘gila’, yakni 20MP yang juga dilengkapi LED flash. Kamera depan tentunya sangat memanjakan pengguna swafoto dan mampu merekam video kualitas 1080p.

BACA  DPRD Minta Aset Daerah di Lokasi Wisata Harus Diperjelas 

Penyimpanannya, Xiaomi Redmi Note 5 Pro hadir dengan kapasitas penyimpanan RAM 4 GB dengan internal storage 64 GB, serta RAM 6 GB dengan internal storage 64 GB. Jika kurang masih bisa diekspansi menggunakan slot micro SD.

Urusan kantong, untuk varian penyimpanan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB harganya yakni INR 13.999 atau sekitar Rp 2,95 juta, sedangkan untuk versi lainnya yang lebih tinggi dengan 6 GB RAM dibanderol INR 16.999 atau sekira Rp 3,59 juta.

Untuk diketahui, Xiaomi Redmi Note 5 Pro diluncurkan pada 14 Februari lalu di India. Smartphone ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Champagne Gold, Rose Gold, Light Blue, dan Black.

Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 Pro (Istimewa)

Beralih ke Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z, untuk harganya hingga kini belum dapat diketahui. Namun berdasarkan kabar yang beredar untuk Asus Zenfone 5Z akan dibanderol dengan harga EUR 479 atau sekitar 7,9 juta. Untuk Zenfone 5 biasa belum diumumkan Asus. Namun harga tersebut tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone X. Untuk desain yang mirip, Asus Zenfone 5 bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin tampil membawa kemewahan iPhone X dengan harga lebih bersahabat.

Dapur pacunya, Asus Zenfone 5 biasa disenjatai chipset octa-core Qualcomm Snapdragon 636 dengan kecepatan clock 1.8 GHz. Prosesor ini serasi dengan pilihan varian RAM 4 GB atau 6 GB dan internal storage sebesar 64 GB.

BACA  Akses Menuju SDN 12 Tabongo Butuh Perhatian 

Sementara untuk Asus Zenfone 5Z yang merupakan flagship dari Asus, chipset-nya dipercayakan pada prosesor terbaru Snapdragon 845, dengan tiga varian yang tersedia, yakni RAM 4 GB + 64 GB memori internal, RAM 6 GB + 128 GB memori internal dan RAM 8 GB + 256 GB memori internal.

Keduanya juga akan berjalan pada sistem antarmuka ZenUI 5 yang diklaim bersih tanpa aplikasi-aplikasi lain yang mengganggu selain aplikasi Google. Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z dibekali dengan baterai dengan daya sebesar 3.300 mAh dan berjalan pada sistem operasi Android Oreo.

Zenfone 5 dan 5Z mengusung dual kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP dengan piksel berukuran 1,4 mikrometer dan bukaan f/1.8, serta kamera sekunder 8 MP yang mengusung lensa 120 derajat wide angle. Tentu tak lupa dilengkapi dengan kamera selfie berukuran 8 MP di bagian poni layarnya.

Asus Zenfone 5

Spesifikasi Asus Zenfone 5 (Istimewa)

Sepertinya, antara Asus Zenfone 5 biasa yang belum diketahui harganya dengan Xiaomi Redmi Note 5 Pro, jika sama-sama menyasar konsumen entry level, Asus harus berusaha sedikit keras untuk menakklukan hati para MiFans (Fans Xiaomi, Red). Pasalnya, Xiaomi Redmi Note 5 Pro akan tetap menjadi smartphone dengan harga murah jika masuk ke Indonesia.

Sementara untuk Asus Zenfone 5Z, karena smartphone tersebut merupakan smartphone yang masuk kategori flagship dari Asus, maka pangsa pasarnya akan sedikit sulit untuk diprediksi. Sebab, flagship memang sedikit segmented dan hanya orang-orang tertentu saja yang suka.

Tentu akan menjadi pertarungan seru jika kedua smartphone kloningan iPhone X itu hadir di Indonesia dalam waktu yang berdekatan. Sebab konsumen tanah air bakal menyaksikan pertarungan iPhone X ‘KW’ yang menyasar pasar ekonomis. Kita nantikan saja.

(ryn/JPC)


Komentar