Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Yuhuuuiii… Gaji 13 di Gorontalo Sudah Cair, Jumlahnya Fantastik

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Senin, 3 Juli 2017 | 21:07 Tag: ,
  

GORONTALO,hargo.co.id – Pemerintah semakin memanjakan aparatur sipil negara (ASN). Setelah diberikan tunjangan hari raya (THR) dan libur lebaran yang cukup panjang, awal masuk kerja Senin (3/6) hari ini, seluruh abdi negara juga akan mulai menerima gaji bulan ke 13.

Dengan begitu, awal bulan ini akan ada gaji dobel untuk ASN, karena gaji reguler bulan juli juga segera dibayarkan. Pemerintah Kabupaten Gorontalo memastikan sebagai pemerintah daerah (Pemda) pertama di Gorontalo yang akan membayarkan seluruh gaji 13 ASN pada hari ini.

Anggaran Rp.23.026.023.110, sudah siap dibagikan kepada seluruh ASN, termasuk para anggota dewan perakilan rakyat daerah (DPRD). Kepastian pembayaran gajin 13 ini diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo Yusran Lapananda, Ahad (2/7).

Ia menjelaskan pembayaran tersebut didasarkan pada PP Nomor 23 Tahun 2017 tentang Perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negera RI, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

“Kesiapan dan proses atas pembayaran Gaji 13 ini sudah disiapkan Badan Keuangan sebelum lebaran. Baik itu kelengkapan administrasi, hingga kesiapan kas daerah di Bank Sulutgo. Sehinggan meski baru masuk kantor, seluruh prosesnya sudah siap dan langsung bisa dicairkan. “Kami juga (Badan Keuangan) jauh-jauh harus sudah mempersiapkan perhitungan terkait dalam hal ini pembuatan draft daftar gaji untuk pembayaran gaji bulan ke-13, hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penagihan,” tegas Yusran.

Lanjut Yusran, pihaknya memang sengaja mempercepat proses pembayaran gaji 13 mengingat waktu masuk sekolah sudah semakin dekat. Karenanya diharapkan lewat pembayaran gaji tersebut, seluruh kebutuhan pegawai bisa terpenuhi tepat waktu.

Untuk pembayaran Gaji 13 kepada PNS diserahkan kepada oleh masing-masing bendahara pengeluaran SKPD bisa dalam bentuk transaksi non tunai atau transaksi non tunai, dan khusus untuk Badan Keuangan pembayarannya dilakukan melalui transaksi non tunai. Pemerintah sendiri menganggarkan Rp23miliar untuk PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Anggaran tersebut  telah tertuang dalam pagu anggaran belanja tidak langsung pada APBD induk tahun 2017. Di Boalemo, Pemda setempat tidak bisa menjamin pembayaran gaji 13 tuntas hari ini. Kepala Badan Keuangan (BKD) Boalemo Syukri Gobel justeru memastikan jika pembayaran gaji 13 di daerahnya baru bisa tuntas pekan depan.

“Yang pasti pencairan gaji 13 bagi ASN di Boalemo secepatnya direalisasikan. Hanya saja diawali proses pencairan gaji pokok bulanJuli. Paling lambat mulai Jumat pekan ini akan diproses dan segera masuk ke rekening masing-masing ASN,” jelas Syukril Gobel.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh SKPD dapat segera memasukkan tagihan untuk gaji 13 bagi ASN ke BPKAD guna penerbitanSurat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang nantinya ditindaklanjuti pihak perbankan.Pemprov Gorontalo sudah menyiapkan Rp 23.016.694.508 untuk membayar gaji 13 kepada 6.527 ASN di lingkungan Pemprov Gorontalo.

Jumlah ASN tersebut termasuk guru SMA dan SMK yang telah dialihkan menjadi pegawai Pemprov Gorontalo. Sebelumnya, Kabid Anggaran Dinas Keuangan dan Aset Daerah (DKAD) Provinsi Gorontalo Daniel engungkapkan,  pembayaran untuk gaji 13 juga lebih besar dari gaji 14.

Itu dikerenakan, gaji 13 dikhususkan untuk menunjang biaya hidup PNS, termasuk untuk keperluan biaya sekolah anak mereka. Sehingga, yang masuk dalam gaji 13, selain gaji pokok, juga tunjangan. Kepastian pembayaran gaji 13 mulai hari ini juga telah disampaikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiroyono menyebutkan gaji 13 dibayarkan saat awal masuk kerja.

 “Masih sesuai rencana, dicairkan di hari kerja pertama Juli ini. Jadi di tanggal 3 Juli 2017,” ucap Marwanto seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (30/6).

Pelaksanaan pembayaran gaji ke-13 tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar