Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Zakat Fitrah Dinilai Dapat Bantu Mengentaskan Kemiskinan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 2 Mei 2021 | 22:05 WITA Tag: ,
  Ketua Baznas Gorontalo Utara, Rahmat Kasim.


Hargo.co.id, GORONTALO – Tak bisa dipungkiri, zakat fitrah dapat membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan. Memang jika dihitung, jumlah tiap orang cukup sedikit. namun ketika terkumpul, dapat mencapai miliaran. 

Perlu disampaikan bahwa besaran zakat fitrah di Gorontalo Utara (Gorut) sebanyak Rp 25 ribu. Jumlah itu sama dengan tahun sebelumnya. Pada 2020 lalu, zakat fitrah di Gorontalo Utara terkumpul sebanyak Rp 2,5 miliar. 

Melihat jumlah itu, maka benar adanya jika ada penilaian bahwa zakat fitrah dapat membantu mengentaskan kemiskinan. Hal ini juga ditegaskan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gorontalo Utara, Rahmat Kasim saat ditemui di kantornya pada akhir pekan lalu.

“Zakat Fitrah merupakan urusan wajib setiap umat. Karena itu merupakan pembersih diri, dan setiap orang yang hidup di Bulan Ramadan wajib untuk membayar zakat fitrah,” terang Rahmat Kasim. 

Untuk pengelolaan zakat fitrah sendiri, kata Rahmat Kasim, itu tidak lagi dikelola oleh Baznas kabupaten, Namun melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang ada di masing-masing desa. 

“Baznas tidak lagi mengelola zakat fitrah, karena pengelolaannya itu melalui UPZ desa masing-masing. Baznas kapasitasnya hanya sebatas mengontrol dan mengawasi sekaligus menerima laporan atas pengelolaan zakat dari masing-masing desa melalui UPZ,” ungkapnya.

Hingga saat ini, telah ada desa yang selesai menyalurkan zakat yakni Desa Sembihingan yang telah tuntas mengumpulkan dan menyalurkan zakat. Akan menyusul Desa Kota Jin Utara, Atinggola. 

Hanya saja, kata Rahmat Kasim, ada kebiasaan lama yang saat ini diubah yakni pendistribusian zakat fitrah yang tidak merata.

“Biasanya untuk pembayaran zakat fitrah hanya diperuntukan untuk orang tertentu seperti Bidan Kampung atau hulango. Untuk tahun ini, kebiasaan itu tidak lagi, dan semua yang berhak mendapatkan zakat fitrah itu diberikan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Dikembangkan di Gorontalo Utara, Tanaman Porang Bernilai Tinggi

Komentar