Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Zinedine Zidane, Istiqomah antara Karir dan Aqidah

Oleh Berita Hargo , dalam Sportivo , pada Selasa, 15 Mei 2018 | 17:25 PM Tag: ,
  Zinedine Yazid Zidane (foto : www.dnaindia.com)

POTRET PESEPAKBOLA MUSLIM DUNIA

GORONTALO – Hargo.co.id – Sosok Pemain Legendaris Zinedine Zidane tidak bisa dipungkiri cukup dikenal dunia baik bagi penggila bola maupun bukan. Mantan pemain terbaik didunia tersebut memang mempunyai segudang prestasi dalam karirnya. Tak hanya itu, Zidane juga dikenal sebagai muslim yang taat menjalankan ibadah. Tak heran jika banyak sekali peggemarnya yang terkagum-kagum dengan prestasi dan kepribadiannya.

Memang, selain kiprahnya di lapangan hijau, sosok Zidane yang bernama lengkap Zinedine Yazid Zidane di luar lapangan juga cukup menarik untuk ditelusuri. Pria kelahiran Marseille, Prancis, 23 Juni 1972 itu berasal dari keluarga imigran Muslim keturunan Aljazair, dengan dua saudara laki-laki serta saudari perempuan.

Meski menjalani kehidupan di lingkungan barat, namun pemain bola yang satu ini tetap tidak melupakan setiap perintah agamanya sebagai seorang Muslim. Kesaksian sejumlah rekan satu tim-nya saat masih aktif menjadi pemain, bila ada waktu jeda, pria yang akrab disapa Zizou ini selalu menyempatkan untuk Salat. Selain itu, Zidane juga dikenal taat melakoni puasa pada bulan Ramadhan meski harus jalani serangkaian pertandingan. Sebenarnya tidak henti sampai disitu, pemain kharismatik ini juga sudah menjalankan umroh dan pergi haji.

Zidane sendiri mengawali karirnya sebagai pemain di klub AS Cannes, ia kemudian bermain di Bordeaux, Juventus dan terakhir Real Madrid. Ia pensiun dari sepak bola klub pada tahun 2006 dan pensiun dari tim nasional sepak bola Perancis setelah Piala Dunia 2006. Ia juga sempat memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia saat ditransfer dari Juventus ke Real Madrid pada musim 2001-2002 dengan nilai 46 juta poundsterling.
Sebagai pesepak bola kelas dunia, Zidane telah mengenyam banyak prestasi, di antaranya dua gelar Serie-A bersama Juventus, satu gelar Liga Champions Eropa dan satu gelar La Liga bersama Real Madrid. Zidane juga sukses mengantar Perancis menjadi juara dunia Piala Dunia 1998 dan juara Piala Eropa 2000.

Bersama sahabatnya Ronaldo, Zidane menjadi pemain sepak bola yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak tiga kali. Ia juga pernah meraih Ballon d’Or pada tahun 1998. Meski pensiun menjadi pemain, karir didunia pesepak bolaan Zindane tidak berakhir, saat ini ia menjadi pelatih Real Madrid.

Terpilihnya Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid menggantikan Rafael Benitez yang tak lagi mendapat kepercayaan publik Bernabeu menjadi sorotan mata dunia. Bagaimana tidak, pemain berdarah Aljazair yang akrab disapa Zizou itu merupakan salah satu legenda hidup sepakbola yang dikenal dengan skill bersepakbola yang sangat lengkap.

Reputasi Zidane terus meningkat setelah dia membawa Real Madrid menjuarai La Liga musim ini (2016-2017), Zidane-pun berhasil  membawa Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelarnya sekaligus meraih gelar ke-12 di ajang Liga Champions usai menang 4-1 atas Juventus di laga final yang berlangsung Minggu (4/6 2017) dini hari WIB di  National Stadium Wales, Cardiff.

Terlepas dari dunia sepakbola yang digelutinya sejak menjadi seorang pemain hingga kini sebagai pelatih sepakbola, Pusat Studi Startegis Agama Islam (MABDA) yang berada di Yordania merilis daftar 500 muslim berpengaruh di dunia edisi 2018 pada 7 November 2017 lalu. Menariknya, dalam daftar 500 nama yang dirilis tahun ini, terdapat nama pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (berbagai sumber internet)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar