Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Zudan Pastikan DAMAI Tetap Dilantik

Oleh Berita Hargo , dalam Features Gorontalo Headline , pada Jumat, 12 Mei 2017 | 09:12 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Kabar yang beredar di Boalemo, jika pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Darwis Moridu – Anas Yusuf (DAMAI) akan tertunda bahkan tidak akan dilantik, ditepis Penjabat Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakhrullah.

Saat berkunjung ke Boalemo, Selasa (9/5) kemarin, Zudan menegaskan jika pasangan DAMAI tak lagi ada persoalan dan saat ini sedang menunggu pelantikan.

BACA  Giliran Buruh Pelabuhan dan Porter Bandara Dapat Bantuan Bersubsidi 

Sejauh ini, dirinya tinggal menunggu petunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Jakarta, apakah pelantikan DAMAI dilakukan Gubernur terpilih Rusli Habibie atau akan mendelegasikan kepadanya sebagai penjabat Gubernur Gorontalo.

“Saya masih tunggu petunjuk,”ujarnya. Disinggung soal adanya permohonan penundaan pelantikan oleh beberapa pihak ke Mendagri, menurut Zudan hal itu justeru bertentangan dengan hak konstitusional dari pasangan calon pemenang Pilkada 2017.

BACA  Memaknai Fungsi Perjalanan Dinas, Pelatihan Aplikasi SIM-PD Digelar 

“Kita tunggu saja seperti apa perintah dari Jakarta. Yang pasti DAMAI selaku pemenang Pilkada Boalemo akan dilantik, karena itu menjadi hak konstitusional dari setiap pemenang Pilkada,” ucapnya.

Zudan yang juga pakar hukum ini mengatakan, dari hukum ketanegaraan di Indonesia, sangat jelas mengatur bahwa yang bisa membatalkan pelantikan pertama adalah Mahkamah Konstitusi (MK) dan kedua Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA  Dua Unit Rumah di Kota Gorontalo Hangus Terbakar

“MK dan KPU tidak pernah membatalkan. Ini tentunya pemerintah gak akan berani membatalkannya pula. Untuk itu, saya berharap semua pihak mari kita ikuti aturan hukum yang berlaku. Pastinya pemerintah sejauh ini sangat taat azas dalam hal pelantikan,” tandas Ditjen Dukcapil, Kemendagri tersebut.(nrt/hargo)


Komentar