Gulir untuk terus membaca
Kabar Dunia

Duh, Mudik Imlek Tahun Ini Kacau, 100 Ribu Orang Terjebak

0
×

Duh, Mudik Imlek Tahun Ini Kacau, 100 Ribu Orang Terjebak

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi badai salju.

Sebagai pusat industri Tiongkok, di Guangdong memang banyak terdapat pekerja migran. Banyak di antara mereka yang hanya pulang setahun sekali saat Imlek.

Berdasar tradisi Tiongkok, seluruh anggota keluarga harus berkumpul sebelum tengah malam menjelang Imlek, yang tahun ini jatuh pada 8 Februari.

Pemerintah Tiongkok mengestimasikan ada 2,91 miliar orang yang melakukan perjalanan pada liburan Imlek kali ini. Sebanyak 332 juta di antaranya lewat jalur kereta api.

banner 728x485

Ritual perjalanan pulang saat Imlek di Tiongkok ini diperkirakan menjadi pergerakan tahunan manusia yang terbesar di dunia.

Terlebih, liburan Imlek cukup panjang. Yaitu, selama 40 hari terhitung sejak 24 Januari lalu. Pada hari pertama liburan, Stasiun Guangzhou telah memberangkatkan 130 ribu penumpang.

Selain di Guangdong, salju yang membeku membuat 55 kereta api di Stasiun Shanghai ditunda keberangkatannya. Sekitar 30 ribu pemudik menunggu berjam-jam sebelum akhirnya kereta mereka datang.

Kekacauan transportasi jalur darat juga mengakibatkan kemacetan terjadi di mana-mana. Lebih dari 400 orang di Guangzhou ketinggalan pesawat karena terjebak macet. (AFP/BBC/CNN/sha/c17/ami)

Dahlan Iskan bersama teman-teman naik Jaguar menuju ke kawasan pertanian di perdesaan utara Beijing.-Foto: Harian Disway-
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan APRIL¬†berarti¬†Sakura. Pun di¬†Tiongkok. Seperti waktu…

PATUNG KUCING hitam di gerbang Kota Nanchang, Tiongkok. Di seberangnya terdapat patung kucing putih.-FOTO: Ivan RUmi-
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan DARI¬†Changsha saya ke¬†Nanchang. Juga naik…

Mao Muda - DISWAY
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan SAYA¬†putuskan: ke Wuhan. Sebelum Lebaran…

BUKBER Dahlan Iskan di restoran Xinjiang bersama mahasiswa Indonesia yang kuliah di Tsinghua University.-Foto: Harian Disway-
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan PUN¬†ketika di Tsinghua. Buka puasanya…

Safari Nanjing - DISWAY
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan KAMI¬†janjian kumpul di masjid Nanjing….

Dahlan Iskan sebelum naik kereta cepat jurusan Beijing-Tianjin..--
DI'SWAY

Oleh: Dahlan Iskan SETELAH¬†istirahat dua malam di Beijing,…