Gulir untuk terus membaca
Metropolis

Lanjutan Pelebaran Jalan Madura, Sejumlah Bagunan Segera Dibongkar 

3
×

Lanjutan Pelebaran Jalan Madura, Sejumlah Bagunan Segera Dibongkar 

Sebarkan artikel ini

Hargo.co.id, GORONTALO– Sebanyak sembilan bangunan di Jalan Madura, Kota Gorontalo segera diratakan dengan tanah. Pasalnya, tanah dan bangunan yang kini sudah menjadi milik Pemerintah Kota Gorontalo itu rencanannya bakal dibuat pelebaran jalan hingga dijadikan pusat jajanan kuliner.

Pantauan Hargo.co.id (Gorontalo Post Grup), Rabu (12/09/2018), dari sembilan bangunan itu dua diantaranya bangunan toko, sisannya adalah rumah makan dan rumah tinggal. Beberapa bangunan rumah tinggal ada yang sudah dibongkar sendiri oleh pemiliknya. Namun, ada juga rumah yang dibongkar baru bagian atapnya saja, sementara dindingnya masih utuh.

Saat diwawancarai, Suryati salah seorang yang rumahnya juga ikut dibongkar mengatakan, dirinya dan delapan rumah lainnya sudah menerima pembayaran atas ganti rugi tanah tersebut. Menurut Suryati, jika dirinya menerima uang sebesar 400 juta untuk luas tanahnya sebesar 222 meter persegi, pada tahun 2017 lalu.

“Informasinya tanah ini akan di jadikan kawasan jajanan kuliner serta pelebaran jalan,” kata Suriati.

banner 728x485

Awalnya Suriati tidak mau pindah dari rumah yang telah dia tempati puluhan tahun tersebut. Namun, jika hal ini merupakan kebaikan yang harus dilakukan oleh Pemerintah, maka dirinya menerima ganti rugi atas pembongkaran rumah miliknya. Diakui Suryati, hal yang paling sulit dilakukan adalah mencari tanah dan membangun rumah kembali, mengingat harga tanah cukup tinggi maka, tentu ia harus bisa mencari harga tanah yang sesuai dengan uang pembayaran yang di terima dari Pemerintah Kota Gorontalo.

“Allhamdulillah, akhirnya saya dan keluarga telah mendapatkan tanah di jalan Manado Kelurahan Liluwo, setelah setahun lamanya Pemerintah memberikan waktu untuk mengosongkan rumah kami untuk mencari tanah dan bangunan untuk kami tempati,”terang Suryati.

Sementara itu, Sahrin Kepala Bidang Aset pada Badan Keuangan dan Aset Kota Gorontalo menjelaskan, jika tanah tersebut memang sudah menjadi milik dari Pemerintah Kota, yang telah dibayarkan Ganti Rugi kepada warga. Namun, terkait teknis pelaksanaan, pembayaran dan perencanaan atas bangunan tersebut seluruhnya di laksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Gorontalo.

Lebih lanjut Sahrin mengatakan, bahwa Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Gorontalo khususnya bidang Aset, tinggal menunggu laporan dari Pihak PU untuk didaftarkan sebagai aset dari Pemerintah Kota Gorontalo, jelas Sahrin.

Terpisah Sekretaris Dinas PU Kota Gorontalo Irianto Pou menyatakan, proses eksekusi rumah di kawasan Jalan Madura secepatnya akan digelar.

Tetapi, soal kepastian tanggal waktunya masih akan dirapatkan terlebih dahulu. Dinas PU akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait agar proses penertiban bisa berjalan lancar.

“Untuk sementara waktu eksekusinya belum kita tetapkan. Yang pasti tahun ini juga akan kita laksanakan,” ujar Irianto. (tr59/and/gp/hg)