ramadan2024

Hukuman Kebiri Bukan Solusi, Begini Usulan IDI

×

Hukuman Kebiri Bukan Solusi, Begini Usulan IDI

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Hargo.co.id – Ketentuan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual sepertinya belum mendapat dukungan penuh dari para ahli kedokteran. Hal ini dibuktikan dengan penolakan secara tegas ditunjuk sebagai eksekutor hukuman kebiri. Selain itu hukuman kebiri dianggap tidak akan efektif karena hanya bersifat temporer.

badan keuangan

Berdasarkan kenyataan tersebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berencana untuk segera bertemu dengan pemerintah dan DPR, tujuannya adalah mereka berniat meminta konsep hukuman kebiri diganti.

Wakil Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih menuturkan, pihaknya berniat untuk berdialog dan memberikan masukan soal penanganan pelaku kejahatan seksual berdasarkan ilmu kedokteran.

Example 300250

“Selain harus disuntik beberapa kali, hukuman ini masih menyisakan pertanyaan besar. Pertanyaannya, setelah dua tahun (maksimal masa hukuman kebiri) siapa yang menjamin pelaku tidak kembali berbuat,” ujarnya, Minggu (12/6).

Oleh karenanya, pihaknya berniat untuk segera bertemu perwakilan pemerintah dan DPR sebelum aturan turunan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) no 1 Tahun 2016, soal perlindungan anak rampung. “Kami akan merekomendasikan untuk direhabilitasi,” ujarnya.

Dalam proses rehab tersebut, dokter akan memeriksa kondisi pelaku untuk mengetahui penyebab tindakan kejinya. Bila memang terkait libido, maka dokter bisa menyuntikkan obat penurun sesuai dosis.

Hari Kartini

Namun, bila masalah kondisi kejiwaan, pelaku bisa langsung mendapat pendampingan kejiwaan. Mereka akan direhab hingga dinyatakan siap diterjunkan kembali ke masyarakat oleh para ahli.

Jika tidak, maka rehabilitasi harus terus dilanjut. ”Dengan begini bisa terus diawasi. Kemudian dokter juga tidak dipaksa untuk menyakiti tapi lebih ke mengobati. Jadi win-win solution,” ujarnya.

Selain itu, imbuh dia, efek samping dari suntik kebiri pada pelaku bisa diminimalisir. Seperti diketahui, suntik kebiri bisa menimbulkan kekeroposan tulang bahkan membuat pria menjadi kewanita-wanitaan karena hormon wanita yang berlebih. (mia/JPG/hargo)



hari kesaktian pancasila