Edukasi

Rutaba Salimah Gorontalo Belajar Al-Qur’an Bersama Ulama Palestina

×

Rutaba Salimah Gorontalo Belajar Al-Qur’an Bersama Ulama Palestina

Sebarkan artikel ini
Rutaba Salimah Gorontalo Belajar Al-Qur'an Bersama Ulama Palestina
Kajian Ramadan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama di Rumah Tahfiz Balita dan Anak (Rutaba) Salimah Gorontalo, Sabtu (16/03/2024). (Foto: Fahrul Hulalata untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Rumah Tahfiz Balita dan Anak (Rutaba) Salimah Gorontalo menggelar kajian Ramadan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama Ulama Palestina, Omar Eid Abedalqader Isied, Sabtu (16/03/2024).

Berita Terkait:  UNG Bersholawat, Diharap Seimbangkan Ilmu Keagamaan dan Akademik

badan keuangan

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 16:00 WITA ini, diisi juga dengan aktivitas belajar Al-Qur’an dengan metode Talaqqi bagi anak-anak Rumah Tahfiz bersama Syekh Omar.

Talaqqi merupakan metode pengajaran Al-Qur’an di mana guru dan murid saling berhadapan. Guru membacakan ayat, kemudian murid menirukan bacaan gurunya.

Berita Terkait:  Dekan FSB UNG Apresiasi Mahasiswa Pada Peringatan Bulan Sastra

badan keuangan

“Alhamdulillah, mumpung ada syekh di sini, kami minta anak-anak itu untuk bisa Talaqqi Al-Qur’an, khususnya Surah Al-Fatihah,” kata Sitti Rachmi Masie, Sekretaris Rutaba Salimah Gorontalo.

“Kami minta supaya makhrajul huruf dari Surah Al-Fatihah itu bisa mereka kuasai. Biasanya untuk Al-Fatihah itu mereka yang penting hafal, tapi selain menghafal, kami ingin anak-anak juga paham tentang bacaan yang baik dan benar,” imbuhnya.

Berita Terkait:  Kegiatan "Spritual Healing" Diharapkan jadi Kreatifitas Mahasiswa

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas sesama muslim untuk rakyat Palestina,

yang mana, kata Sitti, mereka prihatin terhadap kondisi anak-anak yang ada di Palestina, terlebih lagi saat bulan Ramadan.

Untuk itu, Rutaba Salimah Gorontalo melakukan penggalangan dana kepada orang tua dari anak-anak Yayasan untuk nantinya didonasikan kepada warga Palestina.

Berita Terkait:  Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, FSB UNG Gelar Pelatihan Kelas Berani Berbicara

“Ini bentuk solidaritas kami sebagai umat muslim-muslimah yang turut prihatin dengan keadaan Palestina, khususnya kondisi anak-anak di sana yang kelaparan. Apalagi bulan Ramadan, masyaallah, luar bisa penderitaan yang mereka rasakan,” ujar Sitti.

“Alhamdulillah ada syekh datang ke Gorontalo, jadi sebagai bentuk kebahagiaan kami,

kami bisa menggalang dana dari orang tua anak-anak untuk bisa berpartisipasi terhadap keprihatinan kami untuk warga Palestina,” pungkasnya.(*) 

Berita Terkait:  Terpilih Secara Aklamasi, Eduart Wolok Kembali Nakhodai UNG

Penulis: Fahrul Hulalata/Mahasiswa Magang UNG
Editor: Sucipto Mokodompis