Edukasi

Sambut Bulan Kemerdekaan, Mahasiswa KKN Gelar Nobar Film Sang Kiai

×

Sambut Bulan Kemerdekaan, Mahasiswa KKN Gelar Nobar Film Sang Kiai

Sebarkan artikel ini
Sambut Bulan Kemerdekaan, Mahasiswa KKN Gelar Nobar Film Sang Kiai
Penyerahan sertifikat kepada Pemantik dalam kegiatan bedah film Sang Kiai di Lapangan Desa Olimoo'o, Kecamatan Batudaa Pantai, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Dok / KKN UNG-UGM 2024 untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Mahasiswa KKN Kolaboratif UNGUGM di Desa Olimoo’o, Kecamatan Batudaa Pantai menggelar Nonton Bareng (Nobar) film Sang Kiai, Sabtu (27/7/2024).

Berita Terkait:  Mahasiswa KKN PK UNG Buntulia Selatan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Warga

badan keuangan

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Desa Olimoo’o itu, dirangkaikan juga dengan sesi bedah dari film yang disutradarai oleh Rako Prijanto tersebut.

Abdul Wahab Thomas, selaku Pemantik dalam sesi bedah film menuturkan, pemilihan film Sang Kiai sebagai tontonan sangat tepat dengan waktu dan tempat saat itu.

Berita Terkait:  Mahasiswa dan Dosen Bastrasia FSB-UNG Gelar Penyuluhan Kejahatan Berbahasa di SMAN 6 Gorontalo

badan keuangan

“Karena saat ini kita mendekati Agustus. Dimana, bulan tersebut adalah bulan kemerdekaan dari Bangsa kita,” ucap Thomas.

Ditambah lagi, kata dia, film tersebut menceritakan perjuangan para Ulama dan santri dalam mengupayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Berita Terkait:  Pembangunan TP2S, jadi Program Inti Mahasiswa KKN UNG di Desa Salilama

“Sehingga, selain kental dengan nilai perjuangan, film ini juga kental akan nilai-nilai religiositas,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut Thomas, sesuai pula dengan falsafah dari Provinsi Gorontalo, yakni adat bersendikan syara, syara bersendikan Kitabullah.

Berita Terkait:  FSB Laksanakan Pembekalan PLP 1 Bagi Mahasiswa Semester VI

“Itu berarti, film Sang Kiai benar-benar sesuai dengan keberadaan kita, baik saat ini maupun di tempat ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut merupakan kerja sama antar mahasiswa KKN Kolaboratif UNG-UGM 2024 bersama Karang Taruna di Desa Olimoo’o.

Berita Terkait:  Tunaikan Pengabdian Masyarakat di Pohe, Prodi D4 Arsitektur Bangunan Gedung UNG Gelar Berbagai Kegiatan

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Desa Olimoo’o, Sutrisno Yunus dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di tempat itu, Wahyudin Mardjun.(*)