MP dan NH (mengenakan baju tahanan), terduga pelaku pencurian saat digiring ke sel tahanan Mapolresta Gorontalo Kota. (Foto: Natha/HARGO)

Berulah di 12 TKP, Residivis Kasus Pencurian Ini Kembali Dibekuk Polisi

Metropolis

Hargo.co.id, GORONTALO – Seorang pria yang belakangan diketahui adalah residivis kasus pencurian, berinisial MP, warga Gorontalo, kembali diringkus Polisi karena diduga melakukan aksi serupa di 12 lokasi berbeda yang ada di wilayah hukum Polresta Gorontalo Kota.

MP dibekuk oleh Tim Resmob Rajawali Sat Reskrim Polresta Gorontalo Kota, bekerja sama dengan Unit Reskrim Polsek Kota Tengah pada Selasa (24/01/2023).

banner 728x485

Kapolresta Gorontalo Kota Kombes Pol Dr.Ade Permana S.I.K. MH, didampingi Kasat Reskrim, Kompol. Leonardo Widharta S.I.K, dalam Press Conference yang berlangsung di depan Mapolres pada Rabu (25/01/2023) mengungkapkan, MP ditangkap bersama seorang teman wanitanya berinisial NH, di salah satu kos kosan yang ada di Kota Gorontalo.

Wanita berinisial NH tersebut juga harus ikut dibekuk karena belakangan diketahui berperan sebagai orang yang membantu MP untuk menyembunyikan barang hasil curian, kemudian menjualnya dengan harga yang murah kepada orang lain.

Dalam kesempatan itu Kapolresta menerangkan, sejumlah barang bukti yang berhasil disita diantaranya 6 unit televisi canggih berbagai merk dan ukuran, 1 set sound sistem, 1 unit alat pemanggang digital, 1 unit kompor gas, sejumlah ponsel android, serta sejumlah tabung gas berukuran 3 dan 5,5 Kilogram. Keseluruhan barang bukti tersebut disita dari lokasi yang berbeda.

Selain itu diterangkan Kapolresta Gorontalo Kota, besar dugaan masih banyak barang bukti lainnya yang menurut kedua terduga pelaku telah laku terjual hingga ke luar wilayah Kota Gorontalo.

Dijelaskan Kapolresta bahwa penangkapan terhadap keduanya berawal dari laporan Polisi tentang adanya kasus pencurian handphone, uang dan perhiasan emas yang terjadi pada Sabtu (14/01/2023). Atas laporan tersebut Polisi berhasil mendapatkan informasi bahwa pelaku mengarah pada MP.

“Berbekal informasi tersebut, Tim Resmob Rajawali berhasil mengidentifikasi pelaku hingga meringkusnya tanpa perlawanan di salah satu kos kosan,” jelas Kombes Pol Dr.Ade Permana S.I.K. MH.

Kapolres juga menerangkan, adapun modus pelaku yang hanya menjalankan aksinya seorang diri pada malam dan dini hari itu, yaitu mencongkel jendela rumah dengan menggunakan dua alat bukti yang telah diamankan yaitu obeng dan pisau.

“Menurut pelaku, aksinya ini dilakulan sejak september 2022 hingga Januari 2023.

Kemungkinan sebelum-sebelumnya juga pernah melakukannya, namun belum ada laporan yang masuk,” terang Kombes Pol Dr.Ade Permana S.I.K. MH.

Manatan Kapolres Boalemo dan Gorontalo itu juga menambahkan, menurut pengakuan dari pelaku MP, ia nekat melakukan aksinya karena untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Dan yang jelas pelaku MP ini adalah residivis kasus pencurian di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.” tambah Kombes Pol Dr.Ade Permana S.I.K. MH.

Hingga saat ini kedua terduga pelaku masing-masing MP dan NH, bersama dengan barang bukti, telah diamankan di sel tahanan Mapolresta Gorontalo Kota. Jika terbukti bersalah, para terduga pelaku terancam akan dijerat Pasal 336 ayat 1, dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 7 tahun.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *