Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Potensi Kembangkan Nuklir, Jika Terwujud Akan Ada PLTN 100 MW

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 13 Desember 2016 | 10:30 Tag: , , ,
  

 

GORONTALO, Hargo.co.id – Setelah pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dibangun di Gorontalo, kini pemanfaatan reaktor nuklir sebagai sumber energi akan dikembangkan di daerah ini.

Gorontalo dinilai memiliki potensi besar untuk dibangun pembangkit lisrtrik tenaga nuklir (PLTN).

Jika ini terwujud, maka akan sama seperti Jepang, yang memanfaatkan nuklir sebagai pembangkit listrik. Hal ini disampaikan pakar nuklir tanah air. Dr.Ir. Bakri Aribie kadapa Gorontalo Post, Minggu (11/12).

Mantan Wakil Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Dr Bakrie Arbie, mengatakan, untuk mewujudkan PLTN di Gorontalo pihaknya sedang menggaet sejumlah investor.

Minimal kata Arbie, PLTN Gorontalo akan menghasilkan listrik sebesar 100 MW, dengan begitu alasan pemadaman listrik karena defisit tidak akan terjadi lagi.

Arbie yang juga putra Gorontalo ini mengatakan, telah meneliti Nuklir generasi ke-empat yang sejauh ini telah berkembang di Fukushima, Jepang.

Untuk Gorontalo, kata Arbie, sudah cukup aman untuk nuklir generasi ke 3,5 atau hampir setara dengan teknologi Nuklir yang dikembangkan di Jepang.

“Akan ada investor yang akan saya bawa ke Gorontalo untuk memasang PLTN dengan kapasistas 100 MW. Kami ingin Gorontalo itu maju, makanya dengan ilmu yang saya miliki dan saya adalah orang Gorontalo. Saya punya keterpanggilan untuk membangun Gorontalo sebagai kota maju,” terang Bakrie Arbie.

Ayah dari pengamat militer dan pertahanan Indonesia Connie Arbie itu juga mengharapkan adanya dorongan dari pemerintah jika ingin serius membangun PLTN tersebut.

Jika disetujui, maka segera mungkin ia bersama tim akan melakukan penelitian terkait tapak untuk pembangunan PLTN di Gorontalo. Sejauh ini, lokasi yang pernah diwacanakan untuk lokasi PLTN seperti di pesisir utara Gorontalo atau di kawasan teluk tomini.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar