Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gubernur Minta, Petugas di Perbatasan ‘Dibekali’ Rapid Test

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 25 April 2020 | 23:05 Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Kemeja Putih) saat berdiskusi dengan petugas medis di perbatasan antara Gorontalo dengan Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, Sabtu (25/4/2020). (Foto : Rendi Wardani Fathan/Hargo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk ‘membekali’ petugas medis yang bertugas di seluruh perbatasan alat rapid test.

Permintaan ini disampaikannya saat meninjau perbatasan antara Provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (25/04/2020).

Saat meninjau perbatasan tersebut, Rusli Habibie mendapati petugas medis disitu tidak mendapat alat rapid test. Menurut para petugas, rapid test hanya ada di Puskesmas disekitar perbatasan.

“Kenapa mereka tidak memiliki alat rapid test? Harusnya mereka dapat. Biar bisa langsung mendeteksi orang yang masuk ke Gorontalo. Kalau hasilnya positif, terus bukan warga Gorontalo langsung dipulangkan. Dan apabila yang ditest hasilnya positif kemudian warga Gorontalo bisa langsung di isolasi ke tempat yang telah ditentukan. Tolong ini jadi perhatian,” ucap Rusli Habibie dihadapan pejabat Pemkab Gorontalo Utara yang hadir pada saat itu.

Selain rapid test, Gubernur Rusli Habibie juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk tidak henti – hentinya memperhatikan petugas perbatasan, utamanya soal honor dan konsumsi.

“Jangan lupa juga honor mereka diperhatikan. Kasian mereka sudah rela – rela meninggalkan keluarga mereka di rumah hanya demi melaksanakan tugasnya. Tolong semua kebutuhan mereka diprioritaskan,” pinta Rusli Habibie.

Pada kesempatan itu, Rusli Habibie juga memberikan kesempatan kepada para petugas untuk menyampaikan keluhan.

Para petugas di perbatasan itu tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Berbagai keluhan diutarakan langsung kepada Rusli Habibie. Diantarnya adalah ketersediaan air bersih yang sudah dua hari terakhir tidak tersedia dan ruang isolasi bagi warga yang melintasi perbatasan yang hasil rapid testnya positif.

Rusli Habibie pun langsung meminta kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge menyiapkan mobil tangki air. Sedangkan, permintaan ruang isolasi, Rusli Habibie menginstruksikan Pemkab Gorontalo Utara untuk menindak lanjutinya.

“Pak Risjon, coba disini diadakan satu unit mobil tangki air untuk menyuplai ke tempat penampungan yang ada disana,” kata Rusli Habibie sambil menunjuk dua alat penampungan air yang ada disitu.(adv/rwf/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar