ramadan2024

ramadan2024

PATUT DICONTOH, Hanya Terima Amplop, Menteri Ekonomi Jepang Mundur

×

PATUT DICONTOH, Hanya Terima Amplop, Menteri Ekonomi Jepang Mundur

Sebarkan artikel ini
Akira Amari . (foto dok www.wsj.com)

hari kesaktian pancasila

Setelah menyampaikan keputusannya untuk mundur, dia meminta maaf kepada publik Jepang atas skandal yang melibatkan dirinya itu.

Dalam kesempatan tersebut, Amari mengklarifikasi pemberitaan Shukan Bunshun tentang suap itu. Dia memang mengaku menerima amplop dari perusahaan konstruksi yang disebutkan majalah tersebut. Amplop yang berisi uang itu dikirimkan ke kantornya.

Example 300250

Dia lantas memerintah sekretarisnya mengembalikan amplop berisi uang tersebut ke perusahaan yang mengirimnya.

Tapi, perusahaan itu menolak menerima kembali uang yang sudah diberikan kepada Amari. Karena itu, dia lantas memerintah sang sekretaris memasukkan uang tersebut ke pos dana politik, sesuai aturan yang berlaku.

Tapi, si sekretaris yang tidak disebutkan namanya itu malah menggunakan sekitar 3 juta yen (sekitar Rp 350 juta) untuk keperluan pribadinya.

Ramadhan 2024

Menurut Shukan Bunshun, perusahaan tersebut sengaja mengirimkan upeti kepada Amari agar sang menteri membantu sengketa yang mereka hadapi.

Saat itu, perusahaan tersebut terlibat permasalahan dengan agensi perumahan rakyat yang mengalami kerugian karena proyek pembangunan jalan yang sedang dikerjakan perusahaan penyuap itu. Sebab, proyek jalan tersebut merusak bangunan di perumahan.

Kemarin Amari tidak mau bercerita detail tentang kasus itu. Tapi, selain mengaku menerima amplop berisi uang yang lantas disalahgunakan sekretarisnya tersebut, dia juga mengaku bertemu dengan para petinggi perusahaan konstruksi itu.



hari kesaktian pancasila