Headline

Terkait 25 TKA di PLTU Sulbagut-1, Kakan Imigrasi: Transparan Saja, Kenapa Harus Ditutupi ?

×

Terkait 25 TKA di PLTU Sulbagut-1, Kakan Imigrasi: Transparan Saja, Kenapa Harus Ditutupi ?

Sebarkan artikel ini
TKA PLTU
Ilustrasi tenaga kerja asing. (Sumber: pedomanbengkulu.com)

Hargo.co.id, GORONTALO – Keberadaan tenaga kerja asing (TKA) di PLTU Sulbagut-1 diakui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) benar adanya.

Berita Terkait:  Polresta Gorontalo Kota Amankan 7 Tersangka TPPO

badan keuangan

“Benar, disana (PLTU Sulbagut-1) ada TKA. Dan terkait data akan TKA tersebut silahkan menghubungi bagiannya,” ungkap Rini Bangun, salah satu staf Disnakertrans Provinsi Gorontalo yang bertugas mengawasi tenaga kerja.

Rini juga mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi dokumen ketenaga kerjaan dari para TKA tersebut, karena RPTKA dari para TKA diterbitkan oleh pihak kementrian.

Berita Terkait:  Lagi, Bunuh Diri Terjadi di Gorontalo, Kali Ini di Kabupaten Boalemo

badan keuangan

“Pihak PLTU juga ada datanya, bisa dicek ke mereka,” kata Rini, Selasa (10/10/2023).

Oleh awak media ini menjelaskan bahwa hal tersebut telah dilakukan. Hanya saja pihak PLTU melalui Ramlan Modjo mempersilahkan untuk menghubungi instansi teknis.

Berita Terkait:  Ini Tanggapan Kepala Puskesmas Telaga Terkait Postingan Viral di Medsos

Mendengar jawaban ini, Rini Bungi mengaku sangat kecewa dengan humas PLTU Sulbagut-1 itu. Menurut Rini, apa yang dilakukan Ramlan Kyai Modjo, terkesan memojokan pihaknya.

Rini juga mengaku telah menghubungi Ramlan Modjo melalu WhatsApp. Dirinya mempertanyakan mengapa harus diarahkan ke pihaknya?

Berita Terkait:  Hari Pertama Operasi Pekat III, Polresta Gorontalo Kota Amankan Ratusan Botol Miras

“Hal yang tidak mungkin dokumennya tidak ada sama mereka. Sebab, TKA itu bekerja di perusahaan sebagai sub kontrak pekerjaan,” tandas Rini.

Tak hanya Rini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Joni Rumagit juga menyesalkan sikap PLTU Sulbagut-1 yang memilih bungkam terhadap persoalan 25 TKA yang masuk melalui Imigrasi Sulawesi Utara (Sulut).

Berita Terkait:  Curi Empat Unit Iphone, Dua Residivis Ini Dibekuk Polisi

“TKA tersebut masuk melalui Imigrasi Sulut. Terkait dengan dokumen telah diperiksa dan dari 25 TKA tersebut ada juga yang masih mengajukan KITAS,” beber Joni yang saat diwawancarai didampingi Kasi Inteldak dan Dedi Firman, Kasi Tikkim

Menurut Joni, untuk mendapatkan data TKA tersebut, bisa langsung ke pihak PLTU. Namun, Joni menyayangkan jika pihak PLTU Sulbagut-1 tak memberikan respon kepada para pewarta.

Berita Terkait:  Aneh, THR Karyawan PDAM Bonbol Tahun 2024 Diminta Setahun Sebelum Idulfitri

Dengan sikap itu, Joni Rumagit merasa heran dengan pihak PLTU. Harusnya, kata Joni, PLTU Sulbagut-1 transparan dalam persoalan ini.

“Transparan saja, kenapa harus ditutup-tutupi. Sampaikan sesuai yang ada,” tandasnya.(*) 

Berita Terkait:  Dua Bangunan di Kota Gorontalo Dilalap Si Jago Merah

Penulis: Alosius M. Budiman