ramadan2024

ramadan2024

10 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

×

10 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi, Buah Kurma. (iStockPhoto.com)
sweet dates, oriental sweetness for treats

Hargo.co.id – Buah kurma sangat akrab ditelinga masyarakat khususnya di Indonesia.

hari kesaktian pancasila

Buah yang sering muncul saat bulan suci Ramadan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah yang berasal dari negeri Jazirah Arab ini memiliki kandungan utama yakni karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat.

Example 300250

Dilansir dari Hallosehat.com, buah yang disebut-sebut makanan kesukaan nabi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kurma merupakan sumber serat makanan yang baik. Tergantung pada varietas dan tahap kematangannya, sekitar 6,4% hingga 11,5% kandungan kurma terdiri dari serat terutama jenis yang tidak larut.

Ramadhan 2024

Makanan yang memiliki banyak serat dapat membantu melancarkan pencernaan, dan dapat menghindari masalah diare dan sembelit.

Buah kurma memiliki kandungan fenolik tinggi sehingga dapat membantu memberikan usus, tak hanya itu, buah kuma pun dapat menjadi piliham alami dalam memelihara mukosa lambung saat menjalankan ibadah puasa. Kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadan.

Ditambah lagi, kandungan serat pada buah kurma juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah risiko diabetes

Meskipun buah kurma memiliki rasa yang manis, Namun memakannya tak serta merta langsung meningkatkan resiko terkena diabetes.

Namun, kandungan dalam buah kurma ini dapat membantu mengurangi resiko diabetes

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah yang disebut buah nabi ini memiliki kandungan mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang. Semua zat gizi ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mencegah osteoporosis.

4. Mencegah anemia

Buah yang berasal dari Negri Jazirah Arab ini memiliki zat besi yang tinggi sehingga dapat mencegah anemia.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah kurma juga memiliki kandungan antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dipercaya bisa membantu menurunkan risiko Anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

6. Menangkal radikal bebas

Buah yang memiliki antioksidan mampu mengurangi efek radikal bebas dala tubuh sehingga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik adalah beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dapat mengurangi risiko gangguan pada mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

7. Melancarkan persalinan

Buah yang mendapatkan juluhan buah nabi ini juga dipercaya dapat mempercepat kontraksi dan memperlancar persalinan secara alami, tanpa induksi pada ibu hamil, hingga Ibu hamil dianjurkan untuk makan buah kurm di usia kehamilan akhir atau trimester tiga.

8. Membantu menurunkan berat badan

Kurma pun mengandung kalori yang tinggi, Per 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Namun di sisi lain, buah ini juga tinggi serat dan protein jenis tak larut.

Kandungan dua jenis gizi tak larut yang lebih tinggi ini dapat merasa kenyang lebih lama. Itu kenapa kurma bisa Anda jadikan buah camilan saat diet sehari-hari.

9. Membantu mencukupi kebutuhan cairan

Buah yang memiliki gula yang sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan gula darah setelah berpuasa. Kurma juga memiliki kandungan air yang dapat membantu mengembalikan cairan yang sempat hilang.

10. Menjaga kesehatan otak

Buah kurma juga sangat bermanfaat bagi kesehatan otak karena buah kurma memiliki kandungan antioksidan flavonoid untuk mengurangi peradangan di otak. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk memastikan potensi peran buah asal Arab ini untuk kesehatan otak manusia. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “10 Kandungan dan Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Nomo 7 Wanita Wajib Tahu“. Pada edisi Ahad, 03 April 2022.


hari kesaktian pancasila