Minggu, 29 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



98% Gerhana Matahari Dapat Dilihat di 3 Lokasi, Khusus Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Sabtu, 5 Maret 2016 | 10:13 Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO -Fenomemna yang kejadian 33 tahun sekali ini akan terjadi pada 9 maret mendatang, Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) menjadi perhatian dunia. Kendati begitu, fenomena langka yang terjadi terakhir kalinya tahub 1983 ini tak bisa disaksikan seluruh masyarakat dunia.

Bagi warga Gorontalo masih beruntung, daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa ini, bisa menyaksikan gerhana matahari hingga 98 persen, sejak pukul 07.30 hingga 10.10 wita. Itu Artinya disaat terjadi gerhana matahari, Gorontalo akan gelap gulita disiang hari.

Lokasi yang paling strategis untuk menyaksikan gerhana matahari di Gorontalo ada tiga titik, yakni di Desa Taludaa Kecamatan Bone, wilayah Kecamatan Bone Pantai dan Desa Olele Kecamatan Kabila Bone.

[Baca: Siap-siap Warga Taludaa, Bone Pantai dan Olele Nikmati Gerhana Matahari ]

Ketiga wilayah tersebut berada di Kabupaten Bone Bolango. Di Kota Gorontalo lokasi yang strategis berada di kawasan perbukitan, seperti lokasi benteng otanaha, dan kawasan kantor Gubernur Gorontalo.

Pengamat geofisika dari Badan Meterologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Gorontalo Hasan Arif Efendi mengatakan, di Indonesia hanya ada 12 daerah yang bisa menyaksikan langsung gerhana matahari total.

12 Provinsi tersebut masing-masing, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.

“Untuk Gorontalo hanya gerhana matahari sebagian, yakni 98 persen, dan kalau di Gorontalo tempat yang paling bagus untuk melihat gerhana matahari itu di Taludaa, Bone Pantai dan Pantai Olele,” ungkap Hasan Arif saat sosialisasi GMT di jurusan Fisika dan Ilmu Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo, Jumat (4/3).

Fenomena ini kata Hasan Arif berproses mulai pukul 7.30 WITA sampai pukul 10.10 WITA. “Sehingga masyarakat Gorontalo yang ingin melihat Gerhana Matahari dengan persentasi hingga 98 persen itu, ada di tiga wilayah itu, Taludaa, Olele dan Bone Pantai,”katanya.

Di Gorontalo gerhana terjadi hampir 98 persen. Itu artinya Gorontalo akan gelap gulita di tanggal 9 Maret 2016 mendatang. “Wilayah Gorontalo sendiri, matahari akan tertutup sekitar 97-98 persen (cukup gelap memang),” kata Hasan. (wan/and/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar