Selasa, 26 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Airlangga Hartarto Launching Pengiriman 23 Ribu Ton Jagung di Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Kamis, 30 September 2021 | 16:05 PM Tag: ,
  Selain disambut gemuruh tepuk tangan, Menko Airlangga Hartarto, mendapat sambutan adat pula dari para pemangku adat Boalemo, yang dipimpin langsung oleh Bate Boalemo Hairun Mahmud. (Foto : Majid Rahman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, berkunjung ke Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis dini Hari, (30/09/2021).

Pantauan Hargo.co.id di lapangan, Menteri Airlangga, bertandang ke Pelabuhan Tilamuta sekitar Pukul 14.50 Wita. Kedatangannya, disambut gemuruh tepuk tangan oleh Pemerintah setempat.

Turut hadir mendampinginya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo dan jajaran Forkopimda Boalemo.

Informasi dihimpun Hargo.co.id, kunjungannya di Boalemo, meninjau panen raya jagung di Desa Dulupi, Kecamatan Dulupi. Selain itu, melaunching pengiriman 23.000 Ton jagung antar pulau. Di mana, salah satunya melalui Pelabuhan Tilamuta, oleh PT. Harim, tujuan Jakarta, sebanyak 6.500 Ton.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, mengaku bersyukur atas kunjungan tersebut. Menurutnya, sektor pertanian menjadi penggerak perekonomian di Boalemo. Adapun lahan pertanian di Daerah ini, masih didominasi lahan bukan sawah.

Kata Anas, Boalemo merupakan penghasil jagung terbesar di Provinsi Gorontalo. 2020 lalu, produksi jagung mencapai 496.000 Ton. Sehingga oleh Menteri Pertanian katanya, Boalemo dijadikan sebagai salah satu Kabupaten utama dalam program swasembada jagung.

“Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan swasembada jagung, dan salah satunya mengalirkan bantuan benih dan pupuk jagung untuk para petani,” ujar Anas Jusuf.

Anas menuturkan, secara keseluruhan untuk Kabupaten Boalemo, luas lahan yang dimanfaatkan untuk bantuan benih jagung, sebesar 37.989,33 ha, dengan jumlah benih 571.039,95 Kg, dan penerima manfaat sebanyak 1.127 kelompok tani.

Menurut Plt Kepala Daerah Boalemo itu, besarnya luas panen di Boalemo, tak lepas dari perhatian pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, serta dana aspirasi dari para perwakilan rakyat.

“Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan dalam kegiatan ini, kami mohon perkenan bapak Menko Hartarto bersama Gubernur Gorontalo, kiranya dapat melepas pengiriman jagung Kabupaten Boalemo ke antar Pulau di Indonesia,”pungkasnya. (*)

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 127 times, 1 visits today)

Komentar