Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Anas Jusuf Temui Penghuni Pulau Monduli, Ini yang Diserahkan 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Minggu, 9 Januari 2022 | 16:05 PM Tag: , ,
  Bupati Boalemo, Anas Jusuf dan rombongan ketika menuju ke Pulau Monduli. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pejabat boalemo yang terdiri dari bupati, Sekda dan TP PKK mengunjungi Pulau Monduli. Pulau yang terletak di Kecamatan Botumoito dikunjungi Bupati Boalemo, Anas Jusuf bersama Sekda, Sherman Moridu dan Ketua TP PKK Lisna Mohi, Sabtu, (08/01/2021).

Pulau yang memiliki keindahan alam nan eksotis itu, mulai ditempati penduduk. Informasi dihimpun Hargo.co.id, saat ini sedikitnya ada lima Kepala Keluarga (KK) berada dan didapati di sana. Belum diketahui, apakah menetap atau tidak.

Sebab, terinformasi, semuanya mulai membangun gubuk dan tinggal disana sejak 2020. Mereka semua adalah penduduk Suku Bajo, Tilamuta, Boalemo. Yang mana, mata pencaharian mereka memang paling banyak berasal dari laut.

Bupati Boalemo, Anas Jusuf dan Sekda Boalemo, Sherman Moridu, memberikan bantuan terpal kepada penduduk Pulau Monduli. (Foto:Istimewa)
Bupati Boalemo, Anas Jusuf dan Sekda Boalemo, Sherman Moridu, memberikan bantuan terpal kepada penduduk Pulau Monduli. (Foto:Istimewa)

Adapun kunjungan kepala daerah di pulau ini, tak lain guna menindaklanjuti permintaan para warga pulau itu sendiri. Mereka meminta Pemkab Boalemo, agar dapat memberikan bantuan terpal, dan lampu tenaga surya guna menerangi kawasan Pulau Monduli.

“Waktu saya berkunjung ke sini, lima kepala keluarga meminta lampu tenaga surya dan terpal. Tapi yang baru terealisasi baru terpal,” kata Anas Jusuf.

Menurut Anas Jusuf, Pulau Monduli bisa jadi salah satu objek wisata menarik ke depan. Sesuai informasi dari para penyelam katanya, di tempat ini terdapat spot bawah laut yang cukup luar biasa. Batu karang di area pulau ini, cukup indah dan menakjubkan, terdapat Koral Salvador.

“Tentunya ini sangat menarik bagi para wisatawan. Mudah-mudahan ini salah objek wisata yang kita kembangkan nanti di Kabupaten Boalemo,” tuturnya.

Namun, yang perlu dijaga saat ini, lanjut Anas Jusuf, jangan sampai ada oknum yang merusak terumbu karang dengan cara melakukan pengeboman. Sebab, informasi yang sudah dikantongi, ada oknum nelayan pernah melakukan hal itu di kawasan perairan laut Boalemo.

“Ini juga harus kita antisipasi bersama dengan melibatkan Forkopimda. Karena menyangkut kekayaan alam kita, khususnya biota laut. Sehingga itu, saya berharap kepada masyarakat nelayan yang tinggal di pulau ini, agar bisa menjaga biota laut di lokasi ini, dengan tidak menggunakan cara-cara yang merusak lingkungan,” harapnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 135 times, 1 visits today)

Komentar