Minggu, 22 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Berikut Besaran Zakat Fitrah 2022 yang Ditetapkan Pemda Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Senin, 11 April 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Sekda Boalemo, Dr. Sherman Moridu, S.Pd.,MM. (Foto : Abdul Majid Rahman/ HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Zakat Fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan, bagi seorang muslim yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Ini ditegaskan kembali oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Boalemo, Sherman Moridu, pada Ahad, (10/04/2022).

Ia mengatakan, zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun, yaitu saat bulan suci Ramadan menjelang Idul Fitri. Atas dasar inilah kata Sherman Moridu, maka perlu Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, menetapkan besaran zakat fitrah 1443 H/2022.

“Pemkab Boalemo telah memutuskan dan menetapkan besaran zakat fitrah Boalemo, tahun 1443 H/2022 M, adalah satu Sha’ dengan takaran 3,5 liter per jiwa. Keputusan ini ditetapkan pada 04 April 2022, dan ditandatangani oleh Bupati Boalemo,”kata Sherman Moridu.

Panglima ASN Boalemo menuturkan, terkait zakat fitrah ini, digolongkan menjadi dua golongan. Golongan pertama, yakni 3,5 liter beras atau berupa uang sebesar Rp 35 ribu per jiwa. Sedangkan untuk golongan kedua, yakni 3,5 liter beras campuran, atau berupa uang sebesar Rp 30 ribu per jiwa.

“Seperti biasanya, pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah dilakukan oleh Amilin Desa melalui Takmirul Masjid pada awal Ramadan, dan segera didistribusikan kepada yang berhak menerimanya. Kami berharap, para Camat juga mengkoordinasikan pengumpulan zakat di wilayahnya masing – masing,”pungkas Sekda Boalemo. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 336 times, 1 visits today)

Komentar