Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BPSK Bisa Jadi Solusi Sengketa Antara Pengusaha dan Konsumen

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 11 Agustus 2016 | 15:08 Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Kehadiran Badan Penyelesaiakan Sengketa Konsumen (BPSK), kini bisa menjadi pilihan untuk menyelesaikan sengketa  yang terjadi antara Pengusaha dan Konsumen secara damai. Selama ini tak bisa dipungkiri bahwa persoalan yang terjadi antara kedua pihak terkadang harus berakhir lewat jalur pengadilan. Melihat kenyataan ini, pemerintah telah membentuk salah satu lembaga yang bisa menangani persoalan yang terjadi antara pengusaha dan konsumen sehingga tidak harus sampai ke jalur hukum.

“Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2014, disebutkan bahwa persoalan atau sengketa antara pengusaha dan konsumen itu, dapat diselesaikan secara damai melalui BPSK yang ada di kabupaten-kota,” kata Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, Abdul Haris Hadju saat memberikan arahan kepada anggota BPSK kabupaten-kota dan pengusaha pada forum fasilitasi koordinasi kelembagaan dan perlindungan konsumen daerah, pada Rabu (10/8).

Haris mengatakan, meski begitu, apabila kedua belah pihak ingin masalah yang terjadi dilanjutkan dengan proses hukum, maka itu juga dapat diselesaikan di pengadilan. “Namun yang paling terpenting, hadirnya BPSK ini bisa menyelesaikan masalah antara pengusaha dan konsumen di luar dari pengadilan,” ujarnya.

Sementara itu, Wisnu Haryo Samudro, Kasubdid Fasilitasi Kelembagaan Direktorat Pemberdayaan Konsumen Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga mengatakan, dalam menyelesaikan masalah antara pengusaha dan konsumen, BPSK harus benar benar memperhatikan apakah konsumen tersebut adalah konsumen antara atau konsumen akhir.

“Sering kali terjadi, BPSK tidak memperhatikan ini. Kalau konsumen antara, ia membeli kemudian menjual lagi. Kalau konsumen akhir adalah pengguna barang,” jelasnya. (dan/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar