Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Brutal, 10 Lelaki Bersenjata Menyerang Bus Sipil, 26 Tewas

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Sabtu, 27 Mei 2017 | 02:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Sampai saat ini, Mei sepertinya menjadi bulan paling berdarah di 2017. Yang baru saja terjadi, 10 orang lelaki bersenjata menyerang bus penuh penumpang. Tindakan brutal itu mengakibatkan setidaknya 26 orang tewas dan 25 lainnya terluka.

Penumpang bus adalah penganut Kristen Coptic di Mesir Tengah. Mereka sedianya akan mengunjungi Monastery of St Samuel sekitar 135 km selatan Kairo. Mereka menaiki dua bus dan truk dari Provinsi Bani Suief. Ketika sampai Provinsi Minya, penembakan itu terjadi.

Sampai saat ini belum ada grup yang mengklaim bertanggung jawab atas kejahatan yang terjadi di malam pertama Bulan Suci Ramadan itu. Namun, ISIS beberapa kali menyerang penganut Coptic di Mesir dan berjanji akan melakukannya lagi.

Sebelumnya dua bom bunuh diri menghantam kebaktian saat Minggu Palma di dua gereja di Alexandria dan Tanta. Kejadian yang terjadi pada 9 April itu membuat 46 orang kehilangan nyawa. Bom bunuh diri lain juga terjadi di gereja Coptic pada Desember yang membunuh 29 orang.

Dikisahkan saksi mata, mereka berjalan dalam konvoi dan dicegat di jalan padang pasir dekat kantor polisi Adwa. ”Jumlah pelaku antara 8-10 orang. Mereka mengenakan seragam militer. Mereka menembaki bus dengan senjata otomatis dan kabur naik mobil,” kata seorang saksi mata.

Pejabat Kristen di Minya, Ibram Samir, mengatakan kepada New York Times kalau anak-anak yang berada di dalam bis juga menjadi korban tewas. Penganut Kristen Coptic berjumlah sekitar 10 persen dari populasi Mesir yang mencapai 92 juta.

Bulan lalu Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi mencanangkan tuga bulan darurat negeri dan berjanji untuk melawan militan. Namun, sepertinya itu belum maksimal. Pasalnya bagi penganut Coptic mereka seperti dicuekin pemerintah. ”Pemerintah belum melakukan yang terbaik untuk melindungi kami,” kata seorang penganut Coptic. (hg/BBC/tia)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar