Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Coba Lari Dari Gempuran Senjata, Pasukan ISIS Dibunuh Pesawat Tempur AS

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 7 Juni 2016 | 13:18 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Pasukan Iraq berupaya merebut kembali Kota Fallujah dari tangan Islamic State (IS) atau yang dikenal dengan ISIS. Sabtu lalu (4/6) pasukan yang terdiri atas militer, kepolisian, dan organisasi paramiliter Hashed Al Shaabi berhasil memasuki Kota Saqlawiyah. Kota itu terletak 10 kilometer barat laut Fallujah.

“Pasukan militer Iraq Divisi 14 dan Hashed Al Shaabi menyerbu pusat Kota Saqlawiyah dari jalan utama dan berhasil mengibarkan bendera Iraq,” ujar Komandan Militer Iraq Mohammed Abd.

Dia menjelaskan, polisi federal ikut menyerang dari arah yang berbeda. Operasi di Saqlawiyah itu membuat Fallujah terputus dari Kota Jazirat Al Khalidiya. Kota Jazirat Al Khalidiya sebelumnya menjadi jalur sisi barat bagi pasukan ISIS untuk menguasai wilayah lain di luar Fallujah.

Strategi pasukan Iraq memang mengambil alih kota-kota di sekeliling Fallujah. Sedangkan pasukan elite Iraq berusaha menyerang dan memasuki Kota Fallujah yang digunakan sebagai basis ISIS sejak Januari 2014. Taktik itu membuat Fallujah benar-benar terisolasi. Tidak ada jalan keluar bagi anggota ISIS jika mau mundur.

Beberapa pasukan ISIS dikabarkan kabur dengan perahu, menyusuri Sungai Eufrat agar bisa keluar dari Fallujah. Namun, pasukan udara Amerika Serikat (AS) berhasil menyerang dan membunuh mereka semua.(AFP/Aljazeera/sha/c11/kim/flo/jpnn/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar