Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dampak Pandemi Masih Terasa, Matran: UMKM Perlu Disupport

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 15 Agustus 2022 | 14:05 Tag: , ,
  Anggita DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), matran Lasunte menegaskan bahwa dampak pandemi Covid-19 masih terasa. Sehingga untuk menggairahkan perekonomian di daerah, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu disupport.

“Sebagai wakil rakyat, apa yang menjadi aspirasi akan saya perjuangkan. termasuk memperjuangkan anggaran untuk UMKM,” kata Matran Lasunte. 

Menurutnya, dampak pandemi masih terasa. Makanya, UMKM perlu disupport. Alasannya, karena itu langkah untuk menggairahkan perekonomian. Memperjuangkan anggaran untuk UMKM juga merupakan langkah Matran lasunte untuk menjawab aspirasi masyarakat. 

“Ini dilakukan agar mereka bergairah lagi kan. Dan selain itu juga ada aspirasi tentang pertanian, maupun soal kelautan dan perikanan,” jelasnya.

Matran Lasunte memperoleh aspirasi tersebut setelah turun lapangan pada reses yang belum lama ini dilakukannya. Selain soal yang disebutkan tadi, ternyata juga masih ada satu dusun di Desa Mootinelo yang masih membutuhkan penerangan yang saat ini masih menggandeng dari jalan raya untuk rumah ke rumah.

Tentu aspirasi tersebut juga harus diperjuangkan dan terhadap kebutuhan listrik tersebut menurut Matran, pihaknya coba perjuangan tiang listrik untuk Jalan Bandeng Desa Mootinelo.

Kembali lagi soal UMKM, menurutnya itu merupakan salah satu cara dalam rangka menggairahkan perekonomian masyarakat yang ada di daerah ini. “Ada para pedagang kaki 5 yang menjual makanan dan lain sebagainya juga, para petani rumput laut,” ujarnya.

Untuk rumput laut, petaninya juga bukan hanya didominasi laki-laki, kaum ibu-ibu juga banyak, jadi di daerah pesisir yang punya tempat rumput laut itu yang kami akan perjuangkan dari segi anggaran juga. 

“Agar dia tidak stop saja pada hasil panen terus di jual, tapi ini lebih untuk pembinaan ke UMKM untuk pengolahan rumput laut. Jadi Masyarakat atau petani rumput laut bisa langsung berproduksi,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar