Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Danau Limboto Dibahas Melalui Rapat Implementasi di Jakarta

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Wednesday, 28 April 2021 | 08:05 AM Tags: , ,
  Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba (kemeja putih) saat memaparkan program aksi penyelamatan Danau Limboto pada rapat implementasi penyelamatan ekosistem danau tahun 2021 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (27/04/2021). (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Dengan didampingi oleh Kepala Bappeda Budiyanto Sidiki, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba menghadiri kegiatan rapat implementasi penyelamatan ekosistem danau tahun 2021, yang berlangsung di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, pada Selasa (27/04/2021).

Rapat yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah Tayeb, asisten I dan OPD teknis Kabupaten Gorontalo tersebut membahas nasib Danau Limboto kedepan bersama Direktur Pengendalian dan Evaluasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Saparis Soedarjanto, M.Si.

“Tadi kita ada pembahasan terkait percepatan penyelamatan Danau Limboto yang dilaksanakan oleh KLHK dengan melibatkan 14 kementerian terkait. Kita di provinsi tentunya berterima kasih banyak kepada KLHK, ini salah satu rapat yang memperlihatkan perhatian khusus aksi tindak lanjut penanganan Danau Limboto,” kata Darda usai mengikuti rapat tersebut.

Darda mengatakan rapat itu untuk mengevaluasi kinerja dan capaian target penyelamatan danau secara koordinatif di pusat maupun daerah yang telah tertuang dalam rencana Pengelolaan Danau.

“Tadi juga dibicarakan ada beberapa masukan semua stakeholder baik dari Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Perikanan dan lainnya yang sudah memberikan masukannya. Kami juga sudah memberikan tindak lanjut konkrit untuk pelaksanaan penanganan Danau Limboto ini,” ucap Darda.

Mantan pejabat di Kementerian PUPR itu mengharapkan bahwa penanganan Danau Limboto di tahun 2021 ini maupun tahun selanjutnya menjadi prioritas khusus pemerintah pusat maupun didaerah sehingga rencana aksi yang sudah disepakati bersama bisa dilaksanakan dengan baik.

“Untuk itulah kami semua hadir di sini, ada dari tim pokja Kabupaten Gorontalo juga hadir dari provinsi. Penanganan ini harus optimis kita laksanakan karena tidak ada jalan lain, ini harus kita tangani karena kalua tidak, kita tahu bersama apa dampaknya nanti. Itulah kami memberikan apresiasi tadi karena memang semua stakeholder kementerian hadir dan insyaallah kesimpulannya nanti bisa mengarah pada tindak lanjut yang sudah aksi implementasi lapangan,” imbuhnya.

Pada rapat tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber lewat aplikasi zoom meeting, seperti Prof. Winarni Monoarfa selaku staf Ahli Menteri LHK Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah. Ada juga Direktur Pengendalian Kerusakan Perairan Darat KLHK Ir. Hard Ayuningsih. (zul/adv/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar