DPRD Gorut akan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Daerah

×

DPRD Gorut akan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Sebarkan artikel ini
Persoalan Keuangan, kebijakan - Kembangkan Destinasi Wisata Butuh Inovasi - Pelaksanaan Program
Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Rencananya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan evaluasi terkait dengan pelaksanaan program kerja termasuk didalamnya terhadap pengelolaan keuangan daerah.

badan keuangan

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Gorut, Desy S.M Datau saat berbincang dengan awak media ini terkait dengan kondisi daerah terutama dengan pemberitaan soal pengelolaan keuangan yang katanya tidak disiplin.

“Ini merupakan persoalan yang serius, sehingga DPRD rencananya akan mengundang pihak-pihak terkait guna duduk bersama dan mengevaluasi sampai sejauh mana pelaksanaan program dan juga kondisi keuangan daerah,” kata Desy.

badan keuangan

Jika memang dalam pengelolaannya tidak disiplin, tentunya ini patut untuk diperhatikan.

“Kenapa sampai terjadi hal demikian?,” tanya Desy.

Memang dalam proses pembahasan anggaran DPRD ikut berperan, namun dalam proses pelaksanaan program dan anggarannya, DPRD tidak memiliki tupoksi.

Example 300250

“Namun ujung-ujungnya juga DPRD pasti akan berurusan lagi dengan persoalan anggaran yang pasti berbicara keuangan. Sehingga DPRD perlu untuk mengetahui kondisi yang terjadi sampai dengan saat ini,” jelasnya.

Menurut Desy, dalam proses pelaksanaan program dan juga pengelolaan keuangan itu ada aturan dan ketentuannya. Dan pastinya ketika proses pengelolaan dilaksanakan secara profesional dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, tidak akan ada persoalan serius atau dampak yang serius dan fatal yang akan ditimbulkan.

“Kita akan lihat nanti pada saat pelaksanaan rapat,” ujarnya.

Disisi lain, informasi yang berhasil diperoleh awak media ini terkait dengan kondisi keuangan daerah katanya cukup memprihatinkan dan terhadap defisit anggaran sejak awal diketuk APBD sampai hari ini belum ada kabar berita apakah telah ada jalan keluar untuk menutupinya.

Bahkan, kabar yang diterima, saat ini OPD tidak dapat lagi menginput tagihan mereka karena sistemnya masih ditutup.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila