Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Football for Friendship (F4F), memulai debutnya di Indonesia

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia Sportivo , pada Senin, 2 April 2018 | 22:34 Tag: , , , , , , ,
  Football for Friendship F4F Football 4 Friendship Open Draw 2018 Moscow 13. February 2018 AGT Communications Agency photos: Jasper Ehrich Fotografie for AGT Communications Agency www.jasper-ehrich.de

Pesepakbola Muda dari Indonesia, Bergabung di Moskow dengan Peserta lainnya dari 211 Negara dan Wilayah

Indonesia, Hargo.co.id – Gazprom, mitra resmi FIFA dan Piala Dunia FIFA 2018™, mengumumkan pembukaan Musim Ke-6 proyek anak internasional Footbal for Friendship (F4F). Di Indonesia sendiri, program ini adalah pertamakalinya. Bertujuan melibatkan generasi muda di seluruh dunia dalam mempromosikan nilai-nilai penting kemanusiaan di antara teman sebaya – baik dalam persahabatan, kesetaraan, perdamaian, dan penghormatan terhadap budaya dan suku bangsa yang beraneka ragam.

Penarikan undian Football for Friendship (F4F) ini diadakan di Moskow. Perhelatan ini mengalami perkembangan, 2017 dimulai dari 64 negara, kemudian bertambah menjadi 211 negara dan wilayah di 2018. Sejak penarikan undian, telah terbentuk 32 Tim Persahabatan Internasional, posisi para pemain di tiap negara (penjaga gawang, bek, gelandang, penyerang) pun telah ditentukan. Ke 32 tim ini, akan berkompetisi pada Football For Friendship World Championship pada 12 Juni 2018 nanti.

“Musim ke-6 dari program sosial anak internasional, Football for Friendship secara resmi dibuka. Tahun ini, F4F didukung oleh 211 negara dan wilayah! Untuk pertamakalinya, atlet muda dari seluruh penjuru dunia — tempat di mana sepakbola dimainkan — akan bertemu di lapangan yang sama. Kita hidup di zaman di mana orang-orang di seluruh dunia berusaha untuk bersatu, di balik prinsip kesetaraan dan saling hormat satu sama lain. Proyek ini merupakan elemen penting dalam proses ini. Football for Friendship memberi kesempatan itu kepada semua orang,” ujar Viktor Zubkov, Ketua Dewan Direksi PJSC Gazprom.

Sejak penarikan undian, telah ditentukan bahwa Duta Besar Muda dari Indonesia akan mengisi posisi sebagai Penjaga Gawang di Tim Persahabatan Internasional. Pertandingan final yang menandai akhir musim, dilaksanakan di Moskow, Rusia tanggal 8-15 Juni 2018.

Tim-tim tersebut diorganisir dengan prinsip “Sepakbola untuk Persahabatan” – di mana, atlet dari berbagai negara, jenis kelamin, dan kemampuan fisik yang berbeda, akan bermain dalam satu tim. Usia pemain adalah 12 tahun. Setiap timnya akan dilatih oleh Pelatih Muda — pemain sepakbola berusia 14-16 tahun dari berbagai negara. Lebih dari 5.000 media dari seluruh dunia turut serta dalam program ini, terdapat pula F4F Internasional Children’s Press Center, yang terdiri dari jurnalis berusia 12 tahun dari 211 negara dan wilayah. Seleksi tingkat nasional Duta Besar Muda perdamaian, persahabatan, dan kesetaraan, telah dimulai di seluruh dunia.

Sehari setelah Football for Friendship World Championship, Duta Besar Muda akan bertemu dalam iven penting lainnya — Forum Anak Internasional ke-6 Football for Friendship, di mana mereka akan membahas cara mempromosikan nilai kunci dari program ini ke seluruh dunia.

Selama masa karantina, para pemain muda ini dibimbing oleh para Pelatih Muda sekaligus di bawah pengawasan pemain terkenal, mereka akan belajar nilai kunci F4F di Nine Values School. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri menganggap inisiatif ini sebagai program pendidikan yang unik.

“Kami senang dapat mendukung inisiatif unik dari mitra FIFA kami, Gazprom,” imbuh Fatma Samoura, Sekretaris Jenderal FIFA. “Forum ini adalah contoh sempurna tentang bagaimana sepakbola dapat digunakan untuk membuka pintu bagi para anak peremupan dan anak laki-laki dari berbagai latar belakang, sebuah misi yang secara aktif didukung oleh FIFA.” tambahnya lagi.

Duta Besar Muda dari Indonesia tergabung dalam Tim Grizzly Bear (Beruang Grizzly) di posisi Penjaga Gawang. Sebagai prakarsa ekologi Football for Friendship, ke 32 Tim Persahabatan Internasional ini masing-masing dinamai sesuai dengan nama-nama hewan yang terancam punah dari seluruh benua. (hg/rah/PRNewswire)

Daftar 32 Tim Persahabatan yang akan berkompetisi di F4F (foto : PRNewswire)
Daftar 32 Tim Persahabatan yang akan berkompetisi di F4F (foto : PRNewswire)
(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar